Volume kargo udara 2011 diproyeksi naik

JAKARTA: Volume kargo udara pada tahun depan diproyeksi akan mencatat pertumbuhan 20% dibandingkan dengan realisasi pada tahun ini.
News Editor | 23 Desember 2010 10:39 WIB

JAKARTA: Volume kargo udara pada tahun depan diproyeksi akan mencatat pertumbuhan 20% dibandingkan dengan realisasi pada tahun ini.

Ketua Umum Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi) untuk Bandara Soekarno-Hatta Arman Yahya mengatakan lalu lintas kargo udara pada 2010 memang relatif sibuk hampir sepanjang tahun.

Apalagi, realisasi kinerja kargo udara pada Januari-November 2010 mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 4,18% per bulan, baik untuk lalulintas domestik maupun lalulintas internasional.

Pada 2011 kita optimis akan meningkat 20%, ujarnya pada Bisnis hari ini.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pertumbuhan kargo udara domestik rata-rata mencapai 4,9% tiap bulannya, sementara untuk kargo udara internasional sebesar 3,48%.

Dia menjelaskan bahkan saat ini ruang kargo untuk tujuan Amerika Serikat dan Eropa sudah sulit didapatkan sejak Oktober lalu karena over flow.

Menurutnya, volume angkutan kargo melalui udara akan terus meningkat pada 2011 melihat perkembangan dan peningkatan volume yang terjadi hingga November tahun ini.

Corporate Secreatry PT Cardig Air Akbar Masmardi, maskapai penerbangan khusus kargo, mengatakan hingga September tahun ini volume pengiriman kargo Cardig rata-rata meningkat sekitar 5%-10%, walaupun masih sedikit di bawah target 2010.

Tingkat isian kargo kita tiap terbang kira-kira 80% dari total kapasitas 17 ton tiap angkut, ujarnya.

Meski rata-rata meningkat setiap bulannya, grafik pertumbuhan kargo Januari-November 2010 cenderung fluktuatif. Penurunan yang signifikan terjadi pada September, yaitu sebesar 38,30% untuk pengiriman kargo domestik, sedangkan peningkatan volume yang tajam terjadi pada bulan Juni sebesar 76,60%. (arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top