Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Santa Fe Hybrid Rakitan Cikarang Siap Rambah Pasar Ekspor

PT Hyundai Motors Indonesia mempertimbangkan untuk mengekspor Hyundai Santa Fe Hybrid rakitan Cikarang.
Hyundai Santa Fe Hybrid resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (24/10/2024) - Bisnis/Rizqi Rajendra
Hyundai Santa Fe Hybrid resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (24/10/2024) - Bisnis/Rizqi Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya yakni All New Santa Fe yang dirakit secara lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. 

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia Ju Hun Lee mengatakan, untuk produk-produk di pabrik Hyundai di Cikarang, komposisinya yaitu 80% sudah diekspor, sedangkan 20% untuk pasar domestik.

"Untuk Santa Fe, kami memproduksi pertama kali untuk launching di Indonesia, nanti kalau volume kami sudah secara maksimal di pabrik tersebut, kami juga akan mempertimbangkan untuk ekspor Santa Fe," ujar Ju Hun Lee dalam peluncuran Santa Fe, Kamis (24/10/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan, sejauh ini negara-negara tujuan ekspor Hyundai yakni Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Namun, Hyundai masih akan melakukan studi terkait negara tujuan ekspor mana yang cocok untuk All New Santa Fe.

"Tetapi untuk Santa Fe, kami masih dalam studi negara mana yang kami bisa ekspor. Jadi, untuk sekarang, kami mau fokus penjualan di pasar domestik dulu," jelasnya.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mencatatkan kinerja ekspor sebanyak 7.270 unit pada September 2024. Angka itu naik 53,2% secara year-on-year (yoy) dibandingkan 4.744 unit pada September 2023.

Sementara itu, sepanjang 9 bulan pertama 2024, ekspor HMMI tercatat sebanyak 49.127 unit, atau naik 22% dibandingkan periode sama 2023 sebanyak 40.262 unit.

Perlu diketahui, Hyundai Santa Fe meluncur dalam dua varian, yakni hybrid electric vehicle (HEV) dan internal combustion engine (ICE). Menurut Ju Hun Lee, Hyundai Santa Fe dapat memenuhi dua tipe berkendara, yaitu di dalam kota dan juga off road.

Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe

Menilik spesifikasi singkatnya, All-new Santa Fe dirancang dengan desain lebih tangguh dan performa yang lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya. 

Untuk powertrain hybrid, didukung oleh mesin bertenaga turbo hybrid 1.6 T-GDI HEV, sedangkan opsi internal combustion engine (ICE) menggendong mesin berbahan bakar bensin 2.5L GDI.

Berbekal dapur pacu tersebut, mesin hybrid Santa Fe diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum 172 kW atau 235 PS per 5.600 rpm. Sementara itu, torsi maksimumnya yakni 367 Nm per 1.000-4.000 rpm.

Manajemen Hyundai menyebut, dengan performa mesin yang memberikan tenaga yang maksimal serta torsi yang besar, Santa Fe terbaru menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih unggul. 

Selain itu, All-New Santa Fe juga akan hadir dengan dengan fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Secara dimensi, Santa Fe Hybrid memiliki panjang 4.830 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.770 mm. Sementara itu, wheelbase sebesar 2.815 mm.

Adapun, harga Hyundai Santa Fe dibanderol mulai Rp699 juta untuk tipe terendah varian bensin, sedangkan tipe tertinggi varian hybrid dipatok seharga Rp869,6 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper