Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Buntut Kebakaran Smelter Freeport hingga Target Ganda Pusat Manufaktur

Buntut Kebakaran Smelter Freeport hingga Target Ganda Pusat Manufaktur menjadi pilihan redaksi Bisnisindonesia.id dalam Top 5 News pada Rabu (16/10/2024).
Kawasan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur/Dok: Tim PTFI.
Kawasan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur/Dok: Tim PTFI.

Bisnis, JAKARTA— Insiden kebakaran yang terjadi di unit asam sulfat smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur pada Senin (14/10/2024) berdampak terhadap proses produksi fasilitas pengolahan dan pemurnian tembaga tersebut.
Holding BUMN tambang PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) memperkirakan target produksi skala penuh smelter Freeport di Gresik berpotensi molor padahal, Freeport menargetkan smelter tersebut bisa berproduksi secara penuh atau 100% pada akhir 2024. Simak ulasan singkat lima berita pilihan redaksi Bisnisindonesia.id berikut ini.
Buntut Panjang Kebakaran Smelter Freeport

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo menjelaskan bahwa smelter milik anggota holding yang terletak di KEK Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik itu memiliki single line design. Dengan desain garis tunggal tersebut, jelasnya, hambatan yang ditimbulkan akibat kebakaran akan mengganggu proses produksi karena hanya menggunakan satu jalur.

Kendati demikian, dia menerangkan bahwa untuk saat ini fasilitas pengolahan asam sulfat pada smelter Freeport dihentikan sementara waktu, seiring dengan proses investigasi yang sedang dilakukan. Selain itu, menerangkan bahwa smelter Freeport saat ini masih dalam tahap operasional, yakni proses untuk memastikan bahwa sistem, fasilitas, atau komponen yang baru atau diperbarui sesuai dengan desain, persyaratan, dan peraturan yang berlaku.

Bagaimana dampak kebakaran itu terhadap target operasional pada smelter itu? Simak ulasan secara lengkap di Bisnisindonesia.id.

Makin Selektif Kucuran Kredit Multifinance ke UMKM
Pelemahan daya beli masyarakat tecermin dalam pembiayaan multifinance untuk sektor usaha mikro dan kecil pada Agustus 2024 yang mengalami penurunan secara tahunan.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan ke kategori usaha mikro dan kategori kecil kompak turun secara tahunan atau year-on-year (YoY). Adapun pembiayaan multifinance untuk kategori usaha kecil pada Agustus 2024 sebesar Rp64,03 triliun, turun 1% YoY dibanding Rp64,68 triliun pada Agustus 2023.

Untuk kategori usaha mikro sebesar Rp51,08 triliun, yang juga turun 3,94% YoY dibanding Rp53,18 triliun pada Agustus 2023. Kendati begitu, masih ada multifinance yang dapat mempertahankan kinerja positif di tengah pelemahan tersebut. Misalnya saja, PT Mandiri Utama Finance. MUF mengeklaim tetap menunjukkan performa pembiayaan yang solid, khususnya di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah tantangan ekonomi yang dipicu oleh penurunan populasi kelas menengah dan melemahnya daya beli masyarakat.

Pelaku Ransomware Raup Miliaran Dolar dari Serangan Siber
Tidak kurang dari 59,6% perusahaan di Asia Pasifik mengalami serangan ransomware sepanjang 2023 berdasarkan International Data Corporation (IDC). Secara global, pelaku diperkirakan meraup tidak kurang dari US$1 miliar atau setara Rp15,5 triliun dari gangguan siber.

Serangan ransomware telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan pesat digitalisasi di dunia. Jenis virus malware ini bahkan terus berinovasi termasuk menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan penjahat siber melancarkan serangan digital secara masif.

Studi yang dirilis pada September lalu menyebutkan bahwa penjahat siber menerapkan strategi mutakhir seperti pemerasan ganda dan ransomware as a service (RaaS) dalam melancarkan aksinya. Taktik ini memungkinkan penyerang yang kurang terampil sekalipun dapat melancarkan serangan canggih.

Menjaring Menteri Ekonomi Era Prabowo

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil satu per satu pejabat, politisi, maupun akademisi ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta sebagai calon menteri di kabinet mendatang.

Sejumlah nama diyakini akan menjadi menteri ekonomi era Prabowo. Proses penyaringan tersebut telah dilakukan sejak Senin (14/10/2024). Beberapa nama tersebut juga merupakan pejabat petahan dari pemerintaha Presiden Joko Widodo, meskipun ada pula kandidat baru dari luar pemerintahan.

Prabowo menuturkan bahwa proses komunikasi dengan para calon menteri sejatinya telah berlangsung cukup lama. Dia telah berdiskusi dengan banyak pihak untuk menjaring nama-nama yang berpotensi untuk mengisi jabatan menteri. Sejak kemarin, Prabowo hanya ingin memastikan para calon menteri tersebut bersedia membantu pemerintahannya.

Target Ganda Pusat Manufaktur Indonesia

Pusat Manufaktur Indonesia (Indonesia Manufacturing Center/IMC) di Plered, Purwakarta, resmi beroperasi pada Senin (14/10/2024). Fasilitas ini ditujukan untuk menciptakan kemandirian industri agar mampu menghasilkan produk mesin yang selama ini masih banyak diimpor. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan IMC akan menjadi pusat kolaborasi pengembangan dan pemanfaatan teknologi industri, yang dilengkapi sarana prasarana, kelembagaan, SDM, mesin dan peralatan, serta sistem teknologi informasi dan komunikasi industri manufaktur.

IMC diyakini dapat menjadi katalisator program Machine Making Machine (3M) melalui kolaborasi pentahelix antara pemerintah, industri, perguruan tinggi, lembaga riset, dan masyarakat atau komunitas. Bagaimana prospek pengembangan manufaktur di Tanah Air? Simak artikel selengkapnya di Bisnisindonesia.id.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper