Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MIND ID Dekati Perusahaan Taiwan untuk Bangun Pabrik Mikrokonduktor di RI

MIND ID berencana membangun pabrik mikrokonduktor untuk menyerap produk selenium dari smelter Freeport Indonesia.
Kawasan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur/Dok: Tim PTFI.
Kawasan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur/Dok: Tim PTFI.

Bisnis.com, JAKARTA - Holding BUMN Pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) berencana membangun pabrik mikrokonduktor untuk menyerap produk selenium dari smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI).

Rencana itu muncul seiring keseriusan pemerintah mengembangkan industri semikonduktor dalam negeri. Apalagi, smelter Freeport yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur itu dapat menghasilkan selenium. Mineral tersebut merupakan salah satu bahan baku penting untuk semikonduktor.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo pun mengaku pihaknya sudah berkomunikasi dengan Molicel terkait rencana pembangunan industri semikonduktor. Molicel merupakan produsen sel dan baterai litium-ion bervolume tinggi asal Taiwan.

"Kita bisa dapet seleniumnya [dari smelter PTFI] dan kita sudah ngobrol sama Molicel, sama perusahaan-perusahaan mikrokonduktor untuk bangun pabrik mikrokonduktor yang ada di Indonesia dengan selenium yang kita hasilkan," jelas Dilo di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Pengembangan industri semikonduktor dalam negeri sebelumnya digaungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick menyebut, Jokowi ingin mendorong potensi hilirisasi komoditas mentah di dalam negeri setelah nikel dan tembaga. 

"Hari ini setelah nikel, beliau dorong kembali untuk yang namanya emas dan tembaga. Belum di situ tadi di pesawat beliau sudah bisik-bisik, bahwa semikonduktor adalah industri baru ke depan buat Indonesia. Karena bahan bakunya selenium juga ada di sini," tuturnya pada sambutan dalam peresmian produksi smelter PTFI di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Senin (23/9/2024).  

Hal ini lantas diamini oleh Jokowi. Kepala Negara menyebut pengembangan industri semikonduktor turut menjadi incaran Indonesia untuk dikembangkan bersama dengan investor.  

"Itu [industri semikonduktor] juga menjadi incaran kita karena seleniumnya ada, sehingga itu menjadi bahan baku untuk memproduksi semikonduktor juga siap. Sehingga yang paling penting cari partner, cari investor agar bisa bekerja sama," kata Jokowi. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper