Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Jokowi Resmikan RS Mayapada (SRAJ) & Hermina (HEAL) di IKN

Jokowi dijadwalkan meresmikan Rumah Sakit milik Mayapada Group (SRAJ) dan Hermina (HEAL) di IKN Nusantara pada Jumat (11/10/2024).
Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana mendampingi Founder Mayapada Group Dato Sri Tahir untuk meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Mayapada di IKN/OIKN.
Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana mendampingi Founder Mayapada Group Dato Sri Tahir untuk meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Mayapada di IKN/OIKN.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Rumah Sakit milik Mayapada Group (SRAJ) dan Hermina (HEAL) di IKN Nusantara pada Jumat (11/10/2024) besok.

Kabar terkait peresmian RS Mayapada dan RS Hermina di IKN oleh Presiden Jokowi dikonfirmasi oleh Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono.

Selain meresmikan dua rumah sakit tersebut, Basuki mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga akan meresmikan Istana Garuda di IKN.

"[Presiden Jokowi] bakal meresmikan Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Mayapada dan Istana Garuda," kata Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Basuki yang juga merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini mengaku akan bertolak ke IKN pada hari ini untuk memastikan persiapan peresmian sejumlah proyek tersebut.

"Saya mau berangkat [ke IKN]," ujarnya.

Untuk diketahui, proyek rumah sakit milik konglomerat Dato Sri Tahir di IKN yakni Mayapada Hospital Nusantara telah melaksanakan groundbreaking pada awal November 2023 lalu.

Dalam laporannya, Mayapada Hospital akan dibangun dengan mengusung konsep green hospital yang akan mendorong percepatan pembangunan IKN.

"20% dari total luas lahan [Mayapada Hospital Nusantara] akan dimanfaatkan sebagai area hijau dan dilengkapi dengan healing garden untuk membantu percepatan kesembuhan pasien. Jadi, kalau pasien sakit di sini, lihat kanan kiri hijau ke depan hijau, ke luar dari ruangan juga hijau maka cepat sembuhnya," kata Jokowi dalam siaran langsung yang dibagikan Sekretariat Presiden, Rabu (1/11/2023).

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menekankan bahwa proses konstruksi untuk segera dibangun. Mengingat, Mayapada Hospital ditargetkan akan mulai beroperasi pada semester II/2024.

Adapun, investasi untuk pembangunan Mayapada Hospital dilaporkan mencapai Rp500 miliar. Dana tersebut dikucurkan Mayapada Group untuk pembangunan rumah sakit sekaligus dormitory yang dibangun di Wilayah Perencanaan (WP) 1B IKN ini. 

Sebelumnya, Dato Sri Tahir mengatakan, RS Mayapada akan menjadi salah satu rumah sakit yang pertama dibangun dan beroperasi di IKN, dan akan menjadi rumah sakit terbaik yang ada di Kalimantan. 

Sementara itu, proyek RS Hermina Nusantara yang dibangun PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) di IKN juga telah dimulai pada awal November 2023.

Invetasi yang dikucurkan HEAL untuk pembangunan RS Hermina Nusantara ialah Rp650 miliar. Nantinya, Hermina Nusantara akan menjadi rumah sakit bertaraf internasional yang mengusung konsep eco green dan smart hospital.  Dalam menunjang operasionalnya, Hermina Nusantara juga nantinya akan memanfaatkan sejumlah energi terbarukan yang didukung oleh digitalisasi smart hospital.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper