Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Siap Dukung Program 3 Juta Rumah Prabowo, Tapi Wanti-wanti Soal Ini

BTN mengaku siap mendukung penuh implementasi program 3 juta rumah yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo. Namun, ada beberapa catatan yang diberikan
Foto udara proyek pembangunan perumahan di Kawasan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/10/2024). Bisnis/Rachman
Foto udara proyek pembangunan perumahan di Kawasan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/10/2024). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – BTN mengaku siap mendukung penuh implementasi program 3 juta rumah yang dicanangkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), Nixon L.P. Napitupulu menjelaskan, secara garis besar program tersebut bakal berkontribusi positif pada kinerja bisnis industri keuangan, khususnya BTN yang memang fokus bergerak di pasar KPR subsidi.

“Kita sih senang banget ya, karena bisnisnya kan bertambah. Dan yang kedua, tugas kita memang bantu menyalurkannya jadi ya market-nya makin besar, gitu. Kalau dari sisi bank sih oke-oke aja ya,” tuturnya saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Hanya saja, Nixon memberi catatan agar ke depan pemerintah dapat benar-benar secara fokus melakukan pengawasan terhadap pengadaan pasokan suplai rumah untuk menyukseskan program 3 juta rumah Prabowo tersebut.

Dia menegaskan, pemerintah perlu secara ketat menunjuk dan melakukan pengawasan kepada pengembang agar praktik proyek fiktif terhindarkan.

“Jangan sampai nanti ketemu developer, ternyata developer fiktif. Kayak gitu kan case-nya juga ada, atau rumah sertifikatnya tidak keluar-keluar, terulang lagi nanti,” imbuhnya.

Karenanya, dia mengimbau pelaksanaan program 3 juta rumah Prabowo memerlukan sinergi yang luas antarkementerian. Dia juga menyinggung keberadaan Kementerian Perumahan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan proses pengawasan.

“Kan rencananya ada kementerian perumahan ya saya dengar-dengar gitu, ya katakanlah PU dan Pera [Perumahan Rakyat], kemudian pertanahan, Pemda untuk membantu sisi supply-nya ini bener-bener bisa deliver 3 juta rumah. Kalau ditanya saya yakin nggak, saya jawabnya yakin,” pungkasnya.

Sebagai informasi, program 3 juta rumah merupakan satu dari 17 program prioritas yang diusung oleh paslon capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Perinciannya, sebanyak 1 juta rumah akan dibangun pada daerah pedesaan, 1 juta rumah di wilayah perkotaan, hingga 1 juta rumah di daerah pesisir.

Prabowo - Gibran menjamin pembangunan dan renovasi sebanyak 25 rumah per desa/kelurahan per tahun, sehingga total pasokan rumah yang dicapai diperkirakan bakal tembus 2 juta rumah mulai tahun kedua.

Sementara di perkotaan, Prabowo-Gibran akan menjamin pembangunan 500.000 rumah tapak (landed house) dan 500.000 rumah vertikal atau yang biasa dikenal dengan istilah rumah susun milik (rusunami) dan rumah susun sewa (rusunawa).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper