Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Aset Migas, Mubadala Perkuat Posisi di Perairan Andaman

Mubadala Energy menambah portofolio aset migas di Andaman, perairan utara Pulau Sumatra.
Mubadala Energy memiliki saham di Blok Central Andaman di perairan utara Pulau Sumatra/Dok. Mubadala
Mubadala Energy memiliki saham di Blok Central Andaman di perairan utara Pulau Sumatra/Dok. Mubadala

Bisnis.com, JAKARTA - Mubadala Energy, perusahaan energi internasional yang berkantor pusat di Abu Dhabi, mengumumkan dua pencapaian signifikan dalam aktivitas eksplorasi di Andaman, perairan utara Pulau Sumatra.

Pertama, Mubadala Energy bersama dengan Harbour Energy, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Inggris, telah diberikan penawaran Blok Central Andaman oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan persentase kepemilikan masing-masing Harbour Energy 60% operated interest dan Mubadala Energy 40%.

Penawaran tersebut merupakan bagian dari Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2024 yang baru-baru ini dilakukan. Akuisisi ini semakin memperkuat strategi pertumbuhan Mubadala Energy di perairan utara Pulau Sumatra (Andaman) dengan memberikan prospek tambahan di cekungan tersebut.

Kedua, Mubadala Energy juga telah mengonfirmasi keberhasilan dan keselamatan penyelesaian kampanye pengeboran South Andaman, dengan appraisal penemuan Layaran.

Kampanye eksplorasi dan appraisal ini, yang mencakup Layaran-1, Tangkulo-1, Layaran-2, dan Layaran-2ST di South Andaman, menunjukkan potensi multi-TCF dari Andaman Sub-basin. Aktivitas eksplorasi dan pengujian memanfaatkan teknologi canggih dan kemampuan pengeboran di laut dalam untuk memastikan kampanye pengeboran yang efisien dan aman.

“Keberhasilan dalam pelelangan untuk Blok Central Andaman merupakan perkembangan strategis penting yang akan membuka peluang lebih lanjut. Dengan memanfaatkan kemampuan operasional kami dan pemahaman mendalam tentang cekungan ini, kami berada dalam posisi yang baik untuk merealisasikan potensi dari South dan Central Andaman. Kami menantikan untuk bekerja sama dengan mitra serta pemangku kepentingan pemerintah untuk mengembangkan proyek-proyek ini,” ujar Chief Operating Officer (COO) Mubadala Energy Adnan Bu Fateem melalui siaran pers, Kamis (12/9/2024).

President Director Mubadala Energy Indonesia Abdulla Bu Ali menambahkan, hasil pengeboran tersebut tidak hanya memandai kesuksesan tim Mubadala, tetapi juga merupakan tonggak penting bagi perusahaan yang akan mendukung transisi energi dan prioritas keamanan energi Indonesia.

“Kami juga menyatakan dengan bangga bahwa saat ini telah menyelesaikan kampanye pengeboran ini dengan sukses dan memastikan operasi berjalan aman," kata Ali.

Kampanye multi-sumur di South Andaman dan Andaman II ini telah memberikan Mubadala Energy dan mitra-mitranya untuk mengonfirmasi significant in-place discovered resources yang memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam lanskap energi Indonesia dan Asia Tenggara. Mubadala Energy secara aktif menyusun strategi untuk mengembangkan sumber daya ini ke tahap produksi sesegera mungkin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper