Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Depan Groundbreaking Investasi di IKN, Total Dana Asing Capai Rp650 Miliar

Kepala OIKN Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa groundbreaking investasi IKN tahap 8 akan digelar pada September 2024
Upacara HUT ke-79 RI di IKN
Suasana upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Upacara HUT ke-79 RI di IKN Suasana upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa peletakan batu pertama (groundbreaking) investasi IKN tahap 8 akan digelar pada September 2024.

Basuki menjelaskan, rencana groundbreaking itu dijadwalkan untuk digelar pada minggu depan. Namun demikian, kepastiannya masih menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mudah-mudahan [minggu depan], pokoknya selama beliau [Presiden Jokowi] di sana. Kalau tidak minggu depan ya [diagendakan] lagi,” jelasnya saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Rabu (11/9/2024).

Basuki menambahkan, meski Presiden Jokowi akan bertolak ke IKN pada esok hari, Kamis (12/9/2024), orang nomor 1 di RI itu tak hanya akan menetap di IKN saja. Sehingga, jadwal groundbreaking investasi tersebut masih perlu mempertimbangkan jadwal presiden.

“Beliau [Jokowi] sudah sampaikan ke media-media, bukan menetap tapi muter-muter ke mana-mana, tapi operasinya dari IKN, termasuk ada groundbreaking yang akan kita siapkan,” tambah Basuki.

Sebelumnya, Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni menuturkan groundbreaking 8 yang akan digelar bulan ini di IKN akan melibatkan komitmen asing senilai Rp650 miliar yang berasal dari China dan Australia.

“Kita sudah siapkan, ada dua investor asing yang akan groundbreaking. Pertama yaitu Delonix, ini sebuah perusahaan dari China yang akan membangun mal, hotel, apartemen,” jelasnya saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Senin (9/9/2024).

Kemudian, investor kedua yakni Australian Independent School yang akan membangun sekolah internasional di IKN.

Adapun, nilai investasi yang akan disuntik oleh Delonix sebesar Rp500 miliar. Sementara itu, Australian Independent School akan menanamkan modalnya senilai Rp150 miliar.

Mixed use ya [proyek investasi Delonix], itu investasi sekitar Rp500 miliar. Kemudian ada Australian Independent School yang akan membangun sekolah di sana investasi sekitar Rp150 miliar,” tambahnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper