Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Harga Jet Pribadi dan Nama Pemilik Pesawat Gulfstream

Perusahaan Grumman Aircraft Engineering Co., dikenal sebagai produsen pesawat militer dan dikini dijadikan sebagai jet pribadi.
Jet pribadi Gulfstream/Gulfstream
Jet pribadi Gulfstream/Gulfstream

Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat jet pribadi bermerek Gulfstream menjadi salah satu favorit pejabat dan konglomerat dunia.

Dengan desain interior yang mewah dan spesifikasi yang mumpuni, tidak heran masyarakat kelas atas memilih Gulfstream sebagai pilihan mereka.

Gulfstream Aerospace merupakan sebuah perusahaan pesawat jet bisnis dari Amerika Serikat. Founder dari Gulfstream adalah pebisnis Allen Paulson. Mengutip Georgia History, Gulfstream dipimpin oleh Mark Burns–seorang pekerja korporat yang telah bekerja di Gulfstream selama hampir 40 tahun.

Sejarah Gulfstream

Dilansir dari situs resmi Gulfstream, jet pribadi perusahaan ini pertama kali terbang pada 1958 dengan jenis Gulfstream I. Pesawat bisnis ini awalnya dibuat atas nama perusahaan Grumman Aircraft Engineering Co., yang dikenal sebagai produsen pesawat militer.

Pada 1960-an, Gulfstream II dirancang. Satu dekade kemudian, American Jet Industries–yang diketuai Allen Paulson–membeli Grumman dan mengganti nama perusahaannya menjadi Gulfstream.

Pengetesan pesawat jet Gulfstream pada masa ini, antara lain melewati Samudera Atlantik dan dibeli oleh NASA sebagai pelatih pesawat luar angkasa.

Tipe-Tipe Pesawat Gulfstream

Pesawat Gulfstream yang per tahun 2024 masih dipamerkan di situs perusahaan adalah: Gulfstream G280, G400, G500, G600, G650, G650ER, G700, dan G800.

1. Gulfstream G280

Pesawat jet pribadi ini berukuran super-mid dengan kapasitas 10 penumpang dalam 2 tempat tinggal terpisah. Terdapat 5 tempat tidur. 

Harga Gulfstream G280 dimulai dari USD$25 juta atau Rp386 miliar. Namun, untuk harga bekas dapat dibeli pada harga sekitar USD$12 juta atau Rp185 miliar.

2. Gulfstream G400

Gulfstream jenis ini disebutkan memiliki kapasitas kabin yang besar, tetapi tetap terbang lebih jauh dan lebih cepat dari pesawat di kelasnya. Terdapat kapasitas untuk 12 penumpang. Kecepatan maksimumnya adalah 7.778 kilometer pada Mach 0.85.

G400 dijual dari harga USD$34,5 juta atau Rp534 miliar.

3. Gulfstream G500

Mulai dijual dari harga USD$45 juta atau Rp696 miliar, Gulfstream G500 memiliki 3 area tempat tinggal yang berbeda untuk kapasitas 19 penumpang, jendela panoramik, dan kecepatan 9.816 kilometer. 

4. Gulfstream G600

Gulfstream G600 memiliki mesin yang hemat bensin, terbang pada 12.223 kilometer. Salah satu pesawat jet pribadi dengan kapasitas yang cukup banyak, G600 dapat mengisi 19 penumpang dengan maksimum 4 area tempat tinggal.

Pesawat ini dijual dengan harga USD$54,5 juta atau sekitar Rp843 miliar.

5. Gulfstream G650 & G650ER

Gulfstream G650 memiliki jendela terbesar dalam perusahaannya, dan level suara yang rendah. Kecepatannya mencapai 12.964 kilometer. Sementara itu, G650ER adalah versi “extended range” atau jangkauan kejauhan yang lebih besar. Kecepatan maksimumnya adalah 13.890 kilometer.

Dengan kemampuan lintas benua yang baik, jet pribadi ini populer di kalangan konglomerat sebagai pesawat untuk berlibur. 

Gulfstream G650 dibanderol pada harga USD$70 juta atau Rp1 triliun. Untuk menyewakan, Anda perlu merogoh kocek sebanyak USD$17.000 per jam. Sebagai perbandingan, jika Anda terbang dari Jakarta ke Los Angeles, AS, yang ditempuh selama 19 jam, Anda dapat menghabiskan hampir Rp5 miliar dalam sekali jalan saja. Ini belum termasuk ongkos bensin.

6. Gulfstream G700

Pesawat ini bekerja sama dengan Rolls-Royce untuk membuat mesin, membuatnya memiliki jangkauan ultra panjang, yaitu 14.353 kilometer. G700 digadangkan memiliki kabin terluas dalam jajaran pesawat Gulfstream.

Gulfstream G700 pertama kali dijual dengan harga USD$75 juta atau Rp1,1 triliun. Melansir Quartz, diyakini Jeff Bezos dan Elon Musk masing-masing memiliki pesawat jet pribadi ini.

7. Gulfstream G800

Pesawat terbaru Gulfstream ini dapat menempuh jarak maksimal 14.816 kilometer. Ini membuat G800 sebagai pesawat Gulfstream jarak jauh yang paling maju. Teknologi mesin yang digunakan juga merupakan hasil kolaborasi dengan Rolls-Royce dilengkapi dengan emisi yang lebih rendah.

Dibanderol dengan harga USD$72,5 juta atau sekitar Rp1 triliun, G800 dapat membawa kapasitas 19 penumpang. Kabin G800 merupakan desain lanjutan dari kabin G700 yang luas yang nyaman.

Pemilik Gulfstream

Salah satu tipe Gulfstream yang paling populer adalah Gulfstream G650 dan G650ER. Forbes mencatat beberapa pemiliknya–berikut yang paling terkenal dan hampir semua berasal dari Amerika Serikat.

- Jeff Bezos, pebisnis dan pemilik Amazon. Jeff Bezos juga memiliki 3 pesawat jet pribadi lain, salah satunya Gulfstream G700.

- Kim Kardashian, pebisnis dan influencer.

- Bill Gates, founder perusahaan Microsoft.

- Laurene Powell Jobs, istri dari founder Apple, Steve Jobs.

- Ralph Lauren, desainer.

- Elon Musk, pebisnis dan pemilik Tesla, SpaceX, dan media sosial X.

- Steven Spielberg, sutradara film.

- Oprah Winfrey, host dan produser televisi. 

- Mark Zuckerberg, pemilik dan founder Facebook.

Selain itu, terdapat sederet selebriti lain sebagai pemilik jet pribadi bermerek Gulfstream yang belum disebutkan di artikel ini.

Antara lain, pemilik Gulfstream IV meliputi Blake Shelton (penyanyi), Alex Rodriguez (atlet baseball), Floyd Mayweather (petinju), dan Dan Bilzerian (pebisnis).

Pemilik Gulfstream V adalah Jay Z (rapper), Tiger Woods (pemain golf), George Lucas (sutradara film Star Wars), dan Jack Nicklaus (pemain golf). (Ilma Rayhana)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper