Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Anggaran Non-Infrastruktur IKN Rp2,2 Triliun, Ada untuk Influencer?

Realisasi anggaran non-infrastruktur IKN tercatat Rp2,2 triliun per Juli 2024, ada untuk para influencer?
Wilayah Istana Presiden di IKN/Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Wilayah Istana Presiden di IKN/Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Setidaknya Rp2,2 triliun dari APBN 2024 sudah dikucurkan untuk pembiayaan non-infrastruktur proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara per Juli 2024. Salah satu kluster pembiayaan non-infrastruktur tersebut adalah untuk promosi IKN.

Fakta tersebut terungkap dalam Konferensi Pers APBN Kita di Kantor Kemenkeu Keuangan, Jakarta Pusat pada Selasa (13/8/2024).

Pada kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa total Rp11,2 triliun anggaran pembangunan IKN Nusantara telah direalisasikan sampai Juli 2024. Dana itu setara 26,4% dari pagu anggaran yang disiapkan dalam APBN 2024 yaitu sebesar Rp42,5 triliun.

"Jadi, yang cair baru Rp11,2 triliun untuk yang pagu 2024 ini yang nilai Rp42,5 triliun," jelas Sri Mulyani.

Dari total tersebut, dia merincikan realisasi anggaran untuk klaster infrastruktur sebesar Rp9 triliun. Anggaran infrastruktur tersebut untuk pembangunan jalan tol VVIP, jembatan, fasilitas air (embung), kawasan kantor kementerian, hingga rusun ASN dan Hankam.

Sementara untuk klaster non-infrastruktur sudah habiskan anggaran sebesar Rp2,2 triliun. Perinciannya seperti untuk promosi dan sosialisasi IKN; perencanaan, koordinasi, dan penyiapan pemindahan; laporan dan rekomendasi kebijakan; kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi; hingga dukungan pengamanan dari Polri.

Sebagai catatan terkait promosi dan sosialisasi IKN, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak sejumlah penggiat media sosial alias influencer ke IKN untuk ikuti kegiatan peresmian Jembatan Pulau Balang hingga penjajakan jalan tol baru pada akhir Juli 2024.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara, influencer yang diundang antara lain adalah Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Willie Salim, Meicy Villia, Zaskia Sungkar, Irwansyah, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, dan masih banyak lagi.

Para influencer hingga artis tersebut pun membagikan momen selama di IKN di berbagai akun media sosial mereka. Narasi positif dan pujian disampaikan para influencer tersebut terhadap perkembangan pembangunan IKN.

Raffi Ahmad misalnya yang memuji pembangunan IKN dalam sebuah video yang dibagikan di akun Instagramnya, @raffinagita1717, pada 29 Juli 2024.

"Pembangunan terus berproses cepat dan positive," tulisnya dalam keterangannya unggahan videonya.

Langkah Jokowi mengajak para influencer dan artis tersebut sempat menuai kontra di media sosial. Kendati demikian, Staf Khusus Presiden RI Grace Natalie menilai banyak pihak salah menangkap maksud Jokowi.

Dia tidak menampik, pemerintah berupaya menumbuhkan kepercayaan terhadap pembangunan IKN lewat para influencer. Jokowi mengundang para influencer untuk melihat proses pembangunan secara langsung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper