Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Progres Proyek IKN Jelang Upacara 17 Agustus

Kementerian PUPR membagikan progres terbaru konstruksi IKN menjelang penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan progres terbaru konstruksi IKN menjelang penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga memastikan sarana dan prasarana dasar seperti lapangan upacara, kantor presiden hingga infrastruktur air telah terakomodasi di IKN.

“Di IKN sudah ada sumber air baku, selain itu ada sumber lain yaitu Bendungan Sepaku Semoi,” kata Danis dalam keterangan resmi, dikutip Senin (22/7/2024). 

Danis merinci, kapasitas air di Intake Sepaku dilaporkan mencapai 3.000 liter per detik, sedangkan bendungan Sepaku Semoi sendiri memiliki kapasitas mencapai 2.500 liter per detik. 

Adapun, untuk tahap pertama sumber air baku yang bakal dialirkan ke IKN bakal bersumber dari Intake Sepaku terlebih dahulu. 

Secara teknis, penyaluran air baku menjadi air siap minum di IKN bakal melalui proses pengolahan yang kemudian dialirkan melalui pipa sepanjang 16 kilometer (km) ke pusat pemerintahan di IKN. 

“Dari sana [barulah] didistribusi ke setiap persil setiap Gedung yang menjadi air bersih yang nanti digunakan di IKN,” ungkap Danis.

Selain itu, Danis juga mengungkap tiga ruas Tol Akses IKN juga ditargetkan bakal mulai fungsional pada 17 Agustus 2024. Perinciannya, yakni Tol Seksi 3A, Seksi 3B, dan Seksi 5A yang saat ini progres rata-ratanya dilaporkan telah mencapai 90%. 

Bila tiga ruas tol fungsional itu dioperasikan, dapat memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke KIPP IKN hanya menjadi 1 jam saja dari waktu tempuh tanpa menggunakan tol mencapai 2,5 jam.

“Kalau dari Balikpapan tadi memerlukan dua setengah jam, mulai tol fungsional itu sekitar satu sampai satu setengah jam, sehingga kita menghemat satu setengah jam. Mudah-mudahan pada 17 Agustus itu sudah bisa terealisasi,” ungkap Danis. 

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono mengecek kesiapan infrastruktur di IKN menjelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agusus 2024.

Salah satu infrastruktur yang dicek kesiapannya adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Intake Sepaku pada Jumat (19/7/2024). Peninjauan dilakukan untuk pasokan air bersih telah mengalir ke IKN pada 17 Agustus.

Basuki mengatakan air bersih untuk IKN akan disuplai dari Sungai Sepaku, diolah di SPAM Intake Sepaku, dan didistribusikan ke setiap unit di Nusantara.

"Pengecekan ini menjadi bagian penting dalam memastikan bahwa seluruh fasilitas dasar siap menyambut HUT Kemerdekaan RI, sehingga pelaksanaan upacara dapat berjalan lancar dan sukses," ujar Basuki dalam keterangan resmi, Minggu (21/7/2024).

Pada kesempatan yang sama, Plt. Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni menekankan pentingnya kesiapan sarana dan prasarana air bersih.

"Kebutuhan air bersih sangat vital untuk menunjang kesuksesan Upacara Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Nusantara. Oleh karena itu, kesiapan ini perlu dikawal dan menjadi perhatian besar pembangunan, utamanya yang saat ini sedang dikerjakan rekan-rekan Kementerian PUPR," ujarnya.

Selain meninjau unit intake yang berada di dalam kompleks SPAM Intake Sepaku, kedua pejabat ini juga mengunjungi Ruang Pompa SPAM, yang berfungsi untuk mengalirkan air dari penampungan ke tempat pengolahan filtrasi yaitu Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Selanjutnya, Basuki beserta rombongan meninjau reservoir air hasil pengolahan di SPAM Intake Sepaku, yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Air dari reservoir ini akan didistribusikan ke seluruh unit di KIPP.

Kunjungan kerja ini akan dilanjutkan pada peninjauan lebih lanjut fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pada akhir pekan di pekan ke dua bulan Juli ini.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan air bersih di IKN sudah mulai mengalir. Oleh karena itu, dirinya bertolak ke IKN untuk meninjau hal tersebut.

Kalau [air bersih] nanti malam bisa clear semua, makannya saya ke sana sekalian mengecek," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper