Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Batasi Penjualan Vape, Hanya Bisa Dibeli di Apotek

Australia menerapkan peraturan baru terkait vape yang berlaku pada Senin hari ini (1/7/2024) dengan memindahkan penjualan rokok elektrik ke apotek.
Ilustrasi rokok elektrik. Dok Freepik
Ilustrasi rokok elektrik. Dok Freepik

Bisnis.comJAKARTA - Australia menerapkan peraturan baru terkait vape dengan membatasi penjualan. Kini rokok elektrik tersebut hanya bisa dibeli di apotek.

Pembatasan ini dilakukan untuk mengekang pemakaian vape di kalangan remaja. Hal ini diterapkan meskipun ada desakan dari pihak penentang agar pemerintah membatalkan larangan yang lebih ketat.

Undang-undang baru yang disahkan minggu lalu membatasi penjualan vape hanya di apotek dan mengharuskan untuk berkonsultasi dengan apoteker terlebih dahulu sebelum membeli. Remaja di bawah 18 tahun memerlukan resep.

Partai Buruh yang berkuasa harus melonggarkan rencana awal yang akan membatasi penjualan vape hanya untuk mereka yang memiliki resep dokter, setelah ditentang oleh senator Partai Hijau yang khawatir rencana ini akan menyulitkan perokok yang ingin berhenti dan membebani sistem kesehatan.

Namun, penundaan tiga bulan untuk menerapkan kompromi tersebut berarti pelanggan berusia di atas 18 tahun tetap memerlukan resep hingga Oktober 2024, ketika persyaratan ini akan berakhir.

Salah satu warga Sydney, Sarah Harris, menuturkan bahwa peraturan ini tidak masuk akal dan akan mendorong orang beralih ke pasar gelap atau mencari cara lain untuk mendapatkan vape.

“Saya pikir hal ini tidak terlalu masuk akal, terutama jika mereka akan mengubahnya lagi pada bulan Oktober,” jelas salah satu warga Sydney, Sarah Harris, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (1/7/2024). 

Menurutnya, ia berpendapat bahwa hal peraturan ini akan mendorong orang beralih ke pasar gelap, atau mencoba untuk mendapatkan lewat teman atau secara daring, atau cara lainnya untuk mendapatkan vape.

Berdasarkan data tahun lalu,peraturan ini menargetkan remaja, di mana sekitar 22% dari mereka yang berusia 18-24 tahun telah menggunakan rokok elektronik setidaknya sekali.

Selain membatasi penjualan di apotek, undang-undang ini juga membatasi konsentrasi nikotin dalam vape dan rasa yang diizinkan hanya mint, mentol, atau tembakau.

Dikenal dengan undang-undang anti-rokok yang ketat dan pajak tembakau tinggi, Australia melarang sebagian besar impor vape awal tahun ini. Importir harus mengajukan izin dari badan pengawas obat pemerintah.

Meskipun vape masih tersedia di toko-toko kecil umum di pub dan bar, pemerintah mengatakan upaya penegakannya telah mengurangi jumlah ratusan ribu vape yang beredar di jalanan.

Pada April 2024, Menteri Kesehatan Mark Butler menyatakan bahwa polisi perbatasan telah menyita lebih dari 1,5 juta vape ilegal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper