Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Argentina Babak Belur, Presiden Minta Bantuan ke IMF

Presiden Argentina Javier Milei akan bertemu dengan IMF akhir pekan ini untuk membahas pendanaan program reformasi ekonomi.
Presiden terpilih Argentina Javier Milei berbicara kepada para pendukungnya setelah memenangkan pemilihan presiden Argentina, di Buenos Aires, Argentina, 19 November 2023/Reuters
Presiden terpilih Argentina Javier Milei berbicara kepada para pendukungnya setelah memenangkan pemilihan presiden Argentina, di Buenos Aires, Argentina, 19 November 2023/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Argentina Javier Milei akan mengadakan pertemuan dengan Kepala International Monetary Fund (IMF) akhir pekan ini untuk membahas mengenai pendanaan program baru untuk mengatasi krisis ekonomi.

Dilansir Bloomberg pada Jumat (14/6/2024), Senat Argentina menyetujui paket reformasi ekonomi secara menyeluruh yang diajukan oleh Milei. Saat sidang berlangsung, warga unjuk rasa di luar Gedung Senat.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Bank Sentral Argentina memperbarui pinjaman senilai US$5 miliar dari China sebagai bagian penting dari swap line mata uangnya.

Kemudian, pada Kamis sore, IMF menyetujui program reformasi ekonomi Argentina senilai US$44 miliar yang membuka potensi pencairan pinjaman hingga US$800 juta saat data inflasi menunjukkan peningkatan pada laju terendah dalam dua tahun terakhir.

Sebagai informasi, sejumlah indikator penting ekonomi menunjukkan kondisi Negara Tango tersebut babak belur. Pertumbuhan ekonomi Argentina pada akhir 2023 minus 1,4% dengan inflasi sebesar 276,4% YoY per Mei 2024.

Masyarakat Argentina pun banyak yang mencari makanan dari barang-barang yang telah dibuang karena kenaikan harga yang sangat parah.

Sementara itu, bunga acuan tercatat sebesar 40% setelah sebelumnya menyentuh angka 50%. Level ini menurun dari angka tertinggi sebesar 133% pada akhir 2023. Kemiskinan di Argentina pada Februari 2024 juga telah mendekati 60%, melonjak dari angka 40% pada 2023.

Pemerintah juga mendevaluasi peso lebih dari 50% pada Desember 2023 yang mendorong inflasi lebih lagi. Harga-harga dalam dolar sudah meningkat dan masyarakat negaranya merasakan dampaknya.

Para investor pun menyambut gembira kabar tersebut. Obligasi dolar Argentina mengalami kenaikan dan mencatatkan kinerja terbaik di antara obligasi emerging market lainnya.

Pada KTT G7 di Italia, Milei juga akan bertemu dengan Kepala IMF Kristalina Georgieva dengan tujuan memulai pembicaraan mengenai program baru dengan dana segar untuk menggantikan rencana presiden sebelumnya yang senilai US$43 miliar.

“Perkembangan positif seharusnya membuka jalan bagi negosiasi yang lebih lancar dengan IMF, meskipun keinginan dewan IMF untuk program baru masih harus dilihat,” kata Kezia McKeague, direktur pelaksana di konsultan McLarty Associates yang berbasis di Washington.

Meskipun partai pengusung Milei hanya memiliki 7 dari total 72 kursi di parlemen, pemerintahannya memperoleh persetujuan dari para senator untuk rancangan undang-undang deregulasi yang menyeluruh serta sebagian besar paket fiscal.

Kemudian, walaupun usulan pajak pendapatan dan properti ditolak dalam pemungutan suara per bab, usulan tersebut masih dapat diselamatkan dalam pemungutan suara majelis rendah yang diperkirakan akan berlangsung pada akhir bulan.

Secara keseluruhan, reformasi Milei akan menarik investasi jutaan dolar ke Argentina, melonggarkan undang-undang ketenagakerjaan yang kaku, dan memungkinkan privatisasi berbagai usaha milik negara untuk membantu mengembalikan negara Amerika Selatan yang rawan krisis itu ke jalur pemulihan. Para pemimpin perusahaan dengan cepat memuji kemenangan legislatif tersebut.

"Jelas undang-undang ini akan membantu pengembangan industri," Marcos Bulgheroni, kepala eksekutif Pan American Energy Group dan salah satu pemimpin bisnis paling terkemuka di Argentina, mengatakan kepada rekan-rekannya pada hari Kamis di sebuah konferensi investasi di Rio de Janeiro.

Sebuah langkah dalam RUU reformasi Milei, yang dikenal dalam bahasa Spanyol dengan akronimnya RIGI, memberikan keringanan pajak dan insentif lain untuk investasi asing. Para eksekutif bisnis veteran menekankan pentingnya hal ini saat RUU tersebut hampir selesai.

“RUU tersebut telah membangkitkan harapan bahkan di antara orang-orang yang tidak mengetahui teksnya. Sehari setelah RUU tersebut disetujui, lebih banyak orang yang berada dalam mode menunggu dan melihat akan bergerak untuk mengidentifikasi peluang,” Jose Luis Manzano, presiden Integra Capital SA, mengatakan kepada wartawan di acara yang sama.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper