Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Starbucks Indonesia Buka Suara Usai Kena Geruduk Aksi Bela Palestina

Starbucks Indonesia memberikan penjelasan usai salah satu gerai kena geruduk oleh pihak yang mengeklaim bela Palestina.
Gerai Starbucks di Terminal Tom Bradley, Bandara LAX Los Angeles, AS. / Reuters
Gerai Starbucks di Terminal Tom Bradley, Bandara LAX Los Angeles, AS. / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Starbucks Indonesia buka suara usai kena geruduk oleh massa yang mengeklaim bela Palestina di salah satu gerai Makassar, Sulawesi Selatan. Adapun, kejadian tersebut diduga merupakan lanjutan dari aksi boikot produk Israel.

PT Sari Coffee Indonesia, sebagai mitra pemegang lisensi Starbucks, telah mengetahui kejadian yang terjadi di salah satu gerainya.

Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia Liryawati mengatakan keamanan mitra termasuk para karyawan dan pelanggan telah menjadi prioritas utama perusahaan.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk mendukung penyelidikan mereka," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (11/6/2024).

Starbucks, lanjutnya, telah lama berada di Indonesia, dengan memasok kopi Indonesia selama lebih dari lima dekade. Perusahaan telah membuka gerai pertama 22 tahun yang lalu dan kini mempekerjakan lebih dari 5.400 mitra.

Dia menegaskan posisi perusahaan tetap tidak berubah, Starbucks mewakili kemanusiaan.

"Kami mengutuk kekerasan dan menolak kekerasan terhadap orang yang tidak bersalah. Meskipun pernyataan yang tidak benar tersebar melalui media sosial, Starbucks tidak pernah berkontribusi pada operasi pemerintah atau militer dengan cara apa pun," ujarnya.

Belum lama ini, terdapat video viral yang diunggah akun @ma*as**r_i*nfo, sejumlah pemuda yang diduga dari sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) mengenakan pakaian serba putih, peci, lengkap dengan bendera Palestina masuk ke dalam gerai.

Pendemo memaksa pengunjung keluar gerai dan salah satunya melakukan pemukulan terhadap pengunjung. Adapun, aksi tersebut dilakukan Jumat (7/6/2024) di Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, aksi serupa juga dilakukan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam video viral dikutip akun Instagram @in*o_eta*, Minggu (9/6/2024), sekelompok pemuda yang mengeklaim bela Palestina nampak mendatangi dan masuk gerai Starbucks.

Massa pendemo menggunakan pakaian serba hitam, membawa bendera Palestina dengan mengendarai motor, dan membunyikan klakson di area parkir dan teras gerai kopi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper