Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bumi Resources Optimalkan Digitalisasi Keselamatan di Area Pertambangan

PT Bumi Resources, Tbk. (BUMI) mengoptimalkan digitalisasi untuk menunjang aspek keselamatan di area pertambangan.
Aktivitas pertambangan di Site Asamasam PT Arutmin Indonesia milik PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), Selasa (24/10/2023). Artha Adventy-Bisnis.
Aktivitas pertambangan di Site Asamasam PT Arutmin Indonesia milik PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), Selasa (24/10/2023). Artha Adventy-Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bumi Resources, Tbk. (BUMI) bersama anak usahanya, PT Kaltim Prima Coal (KPC) mengoptimalkan digitalisasi untuk menunjang aspek keselamatan atau keamanan operasional di area pertambangan.

Mining Operation Division Pit Bintang KPC, Zulfikar Rahman Sagala mengatakan digitalisasi terintegrasi di KPC telah dilakukan sejak 1995, melalui penggunaan dispatch system.

"Digitalisasi juga banyak dimanfaatkan dalam fungsi pemantauan kegiatan di lapangan," kata Zulfikar dalam keterangannya, Senin (10/6/2024).

Dia menjelaskan dispatch system adalah sistem manajemen pertambangan yang menggunakan program simulasi komputer dalam mengatur pola kerja, terutama untuk mengontrol alat muat dan alat angkut.

Adapun, monitoring dashboard dibuat secara tailored made dengan mengintegrasikan informasi dan sumber daya yang ada, sehingga sangat cocok untuk memonitor lapangan, di antaranya sistem GPS yang real-time dan terhubung dengan data plan.

Dengan demikian, lanjutnya, petugas tidak sekadar menjalankan sistem dari jarak jauh, tetapi juga dibekali dengan informasi situasi lapangan melalui sistem digital.

Dia menuturkan teknologi digital sangat mendukung cost efficiency, cost reduction, dan produktivitas pekerjaan kami di lapangan. Nomor satu, mandatory tentunya untuk safety (keselamatan).

"Safety itu utama untuk mendapatkan produksi yang baik. Kita punya banyak safety monitoring system. Misalnya observasi perilaku, implementasi SOP, semua lengkap. Termasuk isu fatique [kelelahan],” jelasnya.

Selain itu, pemanfaatan digitalisasi juga diterapkan melalui berbagai lini lainnya guna mengoptimalkan kinerja, seperti: Minner Apps dan Dashboard Real-time, yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan berdasarkan fakta dan manajemen kinerja yang lebih baik.

Kemudian pemanfaatan gamifikasi pada aplikasi Excellence dan Champions, untuk mendorong pengembangan kapabilitas dan peningkatan kinerja. Sistem FMS (Fleet Management System) modular, digunakan untuk memonitor KPI secara real-time dengan cara mengidentifikasi dan menyelesaikan penyimpangan dari target dengan cepat.

Tak hanya untuk fungsi-fungsi dalam operasional pertambangan, BUMI bersama KPC juga menggenjot pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menuturkan digitalisasi merupakan elemen kunci yang membantu pertumbuhan perusahaan.

"BUMI berkomitmen terus memperkuat upaya digitalisasi guna memastikan keunggulan dan daya saing, sebagai salah satu bentuk dari prinsip Good Mining Practice,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper