Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Mei 2024 Diprediksi Turun, Ada Risiko La Nina Hingga Impor

Ekonom memperkirakan inflasi pada Mei 2024 akan mencapai 2,98% secara tahunan (yoy)
Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Minggu. Bisnis/Nurul Hidayat
Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Minggu. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA –- Dampak inflasi kepada perekonomian per Mei 2024 diperkirakan melandai seiring sejumlah komponen mengalami pelemahan harga alias deflasi.  

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memperkirakan inflasi pada Mei 2024 akan mencapai 2,98% secara tahunan (year-on-year/yoy).

"Proyeksi inflasi pada Mei 2024 menunjukkan sedikit penurunan dari inflasi 3,00% yoy yang tercatat pada April 2024," ujar Andry.

Secara bulanan, Andry memperkirakan inflasi pada Mei 2024 sebesar 0,11% (month-to-month/mtm), lebih rendah dibandingkan 0,25% mtm pada bulan sebelumnya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Bank Indonesia, beberapa harga pangan mengalami penurunan pada Mei 2024 karena efek normalisasi pasca Idulfitri.

"Tren ini terlihat pada deflasi harga daging sapi, daging ayam, dan telur," jelasnya.

Selain itu, harga beras juga mengalami deflasi, turun sekitar 2%, melanjutkan deflasi sebesar 1,6% pada bulan sebelumnya.

Namun, Andry juga mencatat bahwa harga cabai merah pada Mei 2024 mengalami kenaikan, sehingga mencegah penurunan lebih lanjut pada inflasi secara keseluruhan.

Sementara itu, dia memperkirakan inflasi inti akan mengalami sedikit peningkatan, dari 1,82% yoy pada April 2024 menjadi 1,84% yoy pada Mei 2024. Secara resmi, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data inflasi Mei 2024 pada siang nanti, Senin (3/6/2024).

Wanti-Wanti Nilai Tukar

Selain itu, Ekonom juga engingatkan risiko peningkatan inflasi yang disebabkan oleh inflasi impor seiring dengan tren pelemahan nilai tukar rupiah yang berlanjut.

Kepala Ekonom Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjaran Surya menegaskan risiko tersebut perlu diwaspadai meskipun laju inflasi diperkirakan kembali melandai pada Mei 2024.

"Risiko terkait inflasi impor masih perlu diwaspadai seiring dengan melemahnya nilai tukar yang berlanjut pada Mei 2024 ini," katanya kepada Bisnis, Minggu (2/6/2024).

Banjaran memperkirakan inflasi pada Mei 2024 akan mencapai 0,7% secara bulanan (month-to-month/mtm).

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper