Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Waisak Usai, Jasa Marga Catat 156.347 Kendaraan Kembali ke Jabotabek

Jasa Marga (JSMR) mencatat 156.347 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode H+2 Libur Panjang Hari Raya Waisak 2024
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mencatat 156.347 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode H+2 Libur Panjang Hari Raya Waisak 2024 atau pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Marketing & Communication Department Head/Pgs Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR, Faiza Riani menjelaskan angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). 

Adapun, total volume kendaraan di ujung momentum libur panjang Waisak tersebut dilaporkan meningkat 6,52%.

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 6,52% jika dibandingkan lalin normal," jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (16/5/2024).

Sementara itu, distribusi lalu lintas yang kembali ke Jabotabek tersebut mayoritas berasal dari tiga arah. Sebanyak 76.504 kendaraan atau sekitar 48,93%datang dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung).

Perinciannya, lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebanyak 34.267 kendaraan, naik sebesar 10,76% dari lalin normal.

JSMR mencatat, lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang sebanyak 42.237 kendaraan, naik sebesar 24,01% dari lalin normal.

Alhasil, total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 76.504 kendaraan, naik sebesar 17,70% dari lalin normal.

Kemudian, sebanyak 40.610 kendaraan atau dengan porsi mencapai 25,97% datang dari arah Selatan (Puncak). Di mana, jumlah kendaraan yang kembali ke naik sebesar 13,14% dari lalin normal.

Terakhir, 39.233 kendaraan atau sebesar 25,09% dari arah Barat (Merak) melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak. Namun demikian, angka tersebut jauh lebih rendah sebesar 14,50% dari lalin normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper