Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Macet! Ini Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Tol Cikampek

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada Senin (15/4/2024) sore ini di Gerbang Tol Cikampek Utama.
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada Senin (15/4/2024) sore ini di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kepadatan arus lalu lintas sudah meningkat dan kami prediksi puncak arus balik terjadi pada Senin sore," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek, Senin (15/4/2024).

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan via kamera di GT Kalikangkung Jawa Tengah dan ternyata kendaraan terus masuk ke Tol Semarang-Batang menuju ke arah Jakarta.

Di GT Cikampek Utama tercatat sudah 27.323 kendaraan yang masuk gerbang tersebut menuju Jakarta sejak pukul 06.00 WIB hingga Senin siang.

Faiza meminta pengendara memastikan kecukupan saldo kartu elektronik (e-toll) ketika melewati GT Kalikangkung Jawa Tengah ke GT Cikampek Utama.

"Kurangnya saldo e-toll dan dilakukannya 'top up' [pengisian] di gardu tol akan mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan," katanya

Faiza menegaskan jika ada waktu penundaan di gerbang tol tersebut, maka terjadi rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol yang semula bisa melayani hingga lima kendaraan per menit, menjadi satu kendaraan saja.

Menurut dia, estimasi waktu tersebut jika diaplikasikan pada beribu kendaraan yang melalui GT Cikampek Utama, maka tentu saja akan merugikan pengguna jalan karena waktu terbuang hanya untuk menunggu waktu top up di gardu tol.

"Kami meminta kerja sama dari pengguna jalan, agar mengecek kecukupan saldo e-toll secara berkala agar perjalanan arus balik semakin aman dan nyaman," ujarnya.

Faiza juga meminta masyarakat yang berkendara tidak istirahat di bahu jalan karena akan mengganggu arus lalu lintas.

"Kalau letih istirahat di rest area yang ada dan jika itu penuh silahkan keluar tol dahulu untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Jasa Marga memprediksi sebanyak 40% pemudik atau lebih dari 100.000 kendaraan akan kembali ke Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama pada puncak arus balik Lebaran 2024 hari ini, Senin (15/4/2024).

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati, mengatakan, hingga 14 April 2024 pukul 16.00 WIB, terpantau peningkatan lalu lintas pada Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta.

"Kepadatan terpantau di beberapa titik jelang rest area, yaitu Rest Area KM 125 dan KM 97. Kepadatan juga dapat terjadi akibat adanya kendaraan gangguan di bahu jalan," kata Widiyatmiko dalam keterangan resminya, dikutip Senin (15/4/2024).

Adapun, Jasa Marga sebelumnya mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga Hari Raya Idulfitri 2024. Jumlah kendaraan tersebut meningkat 45,58% dari volume lalu lintas normal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper