Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri Catat 28.432 kendaraan keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Merak

H-3 Lebaran Polri mencatat pergerakan kendaraan keluar dari Jakarta terbanyak melalui Gerbang Tol Merak sebanyak 28.432 kendaraan.
Gerbang tol Merak/istimewa
Gerbang tol Merak/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Divisi Humas Polri dalam laporan harian pelaksanaan Operasi ketupat 2024 menyampaikan situasi volume lalu lintas yang keluar dan masuk Jakarta melalui lima gerbang tol pada H-3 Idulfitri 1445 Hijriah, Minggu, (7/4/2024) tercatat pergerakan kendaraan keluar dari Jakarta terbanyak melalui gerbang tol merak sebanyak 28.432 kendaraan.

"Volume arus lalu lintas yang keluar Jakarta melalui GT Merak sebanyak 28.432 kendaraan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, dilansir Antara.

Kemudian, arus lalu lintas yang keluar Jakarta melalui GT Cikupa Utama sebanyak 17.904, disusul GT Ciawi Utama sebanyak 14.298, selanjutnya di GT Kalihurip Utama sebanyak 12.808 kendaraan, dan GT Kalihurip Utama sebanyak 12.808 kendaraan.

Sedangkan untuk arus yang masuk ke Jakarta melalui lima gerbang tol tersebut, kata Trunuyudo, terbanyak arus yang masuk Jakarta juga melalui GT Merak, yakni sebanyak 38.134 kendaraan.

"Selanjutnya melalui GT Ciawi Utama sebanyak 16.949 kendaraan. Melalui GT Cikupa Utama sebanyak 16.440 kendaraan," katanya.

Kemudian, kendaraan yang masuk Jakarta melalui GT Kalihurip Utama sebanyak 14.234 kendaraan. Sedangkan melalui GT Cikampek Utama terpantau sebanyak 9.639 kendaraan.

Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 terjadi pada Sabtu (6/4/2024) malam. Diperkirakan kepadatan masih terjadi sampai hari ini dan esok, 8 April 2024.

Polri melaksanakan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas di ruas jalan tol, maupun jalan arteri.

Untuk ruas jalan tol dan arteri diberlakukan pembatasan kendaraan angkutan barang sejak 5 April, sampai dengan 16 April mendatang.

Sementara itu, di ruas jalan tol dilakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow (lawan arah) dan one way (satu arah) dari KM 72 Tol Cipali, sampai dengan Km 414 Tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

Pada Minggu, Korlantas memberlakukan contraflow Jakarta-Cikampek dari KM 36 sampai dengan KM 47 satu lajur. Kemudian di KM 47 sampai KM 70 di dua lajur.

Kendaraan yang masuk jalur contraflow di Tol Japek diperuntukkan untuk kendaraan yang menuju Tol Cipali menuju arah timur Pulau Jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Lajur satu dan dua untuk kendaraan yang menuju Kalihurip dan Tol Cipularang. Pelaksanaan contraflow bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper