Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daikin Sabet Gelar Koporasi Ramah Pekerja Rentan

Daikin memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kelompok masyarakat pekerja rentan di Indonesia.
Daikin menjadi perusahaan teratas yang menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, utamanya pekerja rentan di Indonesia/Daikin
Daikin menjadi perusahaan teratas yang menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, utamanya pekerja rentan di Indonesia/Daikin

Bisnis.com, JAKARTA- Daikin menjadi perusahaan teratas yang menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, utamanya pekerja rentan di Indonesia. Hal ini diungkap Zainudin selaku Direktur Kepesertaan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Jakarta hari ini (20/3/2024).

Pernyataan ini merujuk pada aksi sosial yang dilakukan grup usaha perusahaan solusi tata udara asal Jepang ini, PT Daikin Manufacturing Indonesia, berupa pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kelompok masyarakat pekerja rentan di Indonesia.

“Kepedulian Daikin ini membuat rekor baru sebagai korporasi dengan kontribusi terbesar pada pekerja rentan di Indonesia hingga saat ini,” ujar Zainudin.

Pemberian jaminan sosial bagi pekerja rentan ini sendiri berjalan melalui pilar inisiatif sosial Daikin di Indonesia, Roda-Roda Ramadan. Sebelumnya agenda sosial tahunan Daikin yang dihelat pada bulan Ramadan ini, berjalan melalui pemberian paket Sembilan bahan pokok pada kelompok masyarakat yang membutuhkan di sekitar area kantor perwakilan Daikin di seluruh Indonesia.

Pergeseran fokus pada tahun ini, lebih dilatarbelakangi kepedulian pada isu sosial yang lebih dekat dengan perekonomian pekerja.

“Sebagai pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri dengan tingkat penghasilan minim, kelompok pekerja rentan memiliki tingkat resiko ekonomi tinggi,” ujar Too Wee Yun, Presiden Direktur PT Daikin Manufacturing Indonesia.

Sebagai wujud nyatanya, dana sejumlah Rp2,5 miloar disalurkan PT. Daikin Manufacturing Indonesia menjadi dukungan bagi program BPJS Ketenagakerjaan bertajuk Program Perlindungan Pekerja Rentan. Dukungan dana inilah yang kemudian dikonversi menjadi perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi 12.401 pekerja rentan di Indonesia.

Kegiatan selaras dengan semangat besar Daikin dalam beroperasi di tiap negara. Merefleksikan semangat DAIKIN sebagai perusahaan yang memiliki dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya.  

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan terkait dengan aksi kepedulian pada pekerja rentan ini, merefleksikan kolaborasi sinergis antara dunia usaha dengan pemerintah dalam penanganan berbagai isu sosial dengan skala besar yang masih membutuhkan perhatian dari berbagai pemangku kepentingan.

“Kami berharap, dukungan PT Daikin Manufacturing Indonesia ini dapat menginspirasi bagi tumbuhnya kolaborasi lebih luas dari berbagai pihak untuk menjadi sebuah gerakan besar dalam kepedulian dengan keberadaan pekerja rentan di Indonesia,” pungkas Zainudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper