Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rute Mudik Motor Gratis Lebaran 2024 Hingga Jawa Timur, Ini Rinciannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan diperpanjang wilayah mudik motor gratis hingga ke daerah Jawa Timur.
Mudik gratis untuk sepeda motor./Ilustrasi-Bisnis
Mudik gratis untuk sepeda motor./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Program layanan mudik Lebaran motor gratis (motis) 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini akan diperpanjang hingga daerah Jawa Timur.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Arif Anwar menuturkan, pada tahun ini angkutan Motis akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan. Hal ini seiring dengan banyaknya masukan masyarakat pada penyelenggaraan Motis tahun-tahun sebelumnya untuk menambah layanan tersebut.

"Semoga dengan kami perpanjang hingga Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” tutur Arif dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (1/3/2024).

Arif memperinci, ketiga lintas pelayanan pada angkutan motis 2024 antara lain sebagai berikut:

● Lintas Utara (PP)

Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang

Tawang

● Lintas Tengah (PP)

Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo

● Lintas Selatan (PP)

Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan –Purwosari – Madiun

Adapun, tarif angkutan motis Lebaran di jalur utara untuk 0-290 km dikenakan biaya Rp10.000, lebih dari itu dikenakan Rp20.000 per orang. Kemudian, motis Lebaran jalur tengah dengan jarak 0-226 km dikenakan tarif Rp10.000, lebih dari 226 km dikenakan Rp20.000 per orang.

Sementara, motis Lebaran jalur selatan pada jarak 0-358 km dikenakan tarif Rp10.000 per orang, sedangkan lebih dari 358 km dikenakan Rp20.000 per orang.

Arif melanjutkan, masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program Motis 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Sebelum mendaftar, masyarakat harus menyiapkan identitas diri yakni KTP, SIM, Kartu Keluarga (KK), dan STNK. Selain itu, masyarakat juga hanya diperbolehkan membawa motor di bawah kapasitas 200 cc.

Kemudian, masyarakat dapat mendaftarkan diri di laman mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk.

Arif melanjutkan, Kemenhub juga membuka layanan datang langsung atau go show untuk mengikuti program mudik gratis ini. Untuk verifikasi data, masyarakat harus membawa dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas dalam bentuk asli dan juga fotokopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper