Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bea Cukai soal iPad Murah Baim Wong: Generasi Lama, Transaksi dalam Negeri

Baim Wong menjadi perbincangan publik setelah mengumumkan akan menjual produk dari Apple, yakni iPad dengan harga miring sekitar Rp1 juta.
Baim Wong/JIBI
Baim Wong/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) telah berkomunikasi langsung dengan artis Baim Wong terkait dengan iPad murah yang akan dijual dengan harga Rp1 juta/unit.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Dirjen Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto setelah menerima kunjungan Baim Wong di Kantor DJBC.

Nirwala menyampaikan bahwa iPad yang akan dijual oleh Baim Wong tersebut merupakan barang yang dibeli di dalam negeri.

“Baim Wong pada Jumat, 29 Desember 2023, berkunjung ke Kantor Pusat DJBC, untuk menjelaskan dan menunjukan bukti bahwa atas iPad tersebut dibeli dari penjual di dalam negeri [transaksi dalam negeri],” katanya kepada Bisnis, Sabtu (30/12/2023).

Nirwala menjelaskan jenis barang yang akan dijual ini pun merupakan barang bekas atau second. “Jenis barangnya merupakan iPad generasi lama, yaitu iPad Air 2 16Gb second, wifi only,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa Bea Cukai telah memberikan masukan kepada Baim untuk mempelajari dan memenuhi terlebih dahulu aturan-aturan penjualan barang elektronik di dalam negeri sebelum melakukan penjualan.

“Bea Cukai selanjutnya akan meneliti dokumen yang disampaikan oleh Baim Wong, untuk melihat keselarasan dengan ketentuan,” tutur Nirwala.

Sebelumnya, Baim Wong menjadi perbincangan publik setelah mengumumkan akan menjual produk dari Apple, yakni iPad dengan harga miring sekitar Rp1 juta.

Dalam unggahannya di Instagram @baimwong, dirinya menunjukkan sederet kardus yang berisi iPad. “Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Nggak, saya kasih harga murah Rp1 juta, beneran nih, ini menyambut 2024, udah lama kita gak berbagi yang mantep banget,” ungkapnya, dikutip Kamis (28/12/2023).

Lantas, netizen menduga barang tersebut merupakan refurbished atau barang bekas yang diperbarui kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper