Kolaborasi Grup GoTo, TikTok, dan UGM Kembangkan Talenta Digital Indonesia

Pembukaan GoTo x TikTok x UGM Technology Center akan menjadi pusat pengembangan talenta digital pertama di Universitas Gadjah Mada.
Foto: (dari kiri ke kanan), Stephanie Susilo, Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, dan Herman Widjaja, Chief Technology Officer Grup GoTo, saat penandatanganan nota kesepahaman di, Universitas Gadjah Mada, Jumat (15/12).
Foto: (dari kiri ke kanan), Stephanie Susilo, Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, dan Herman Widjaja, Chief Technology Officer Grup GoTo, saat penandatanganan nota kesepahaman di, Universitas Gadjah Mada, Jumat (15/12).

Bisnis.com, JAKARTA PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo”), ekosistem digital terbesar Indonesia, TikTok, platform entertainment global terdepan, dan Universitas Gadjah Mada (“UGM”), menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mendirikan GoTo x TikTok x UGM Technology Center, sebagai pusat pengembangan talenta digital di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (“GIK”) UGM. Dengan kerja sama tersebut, Grup GoTo bersama dengan TikTok akan menjadi perusahaan pertama yang berkolaborasi dengan UGM dalam membuka pusat pengembangan talenta digital lokal Indonesia.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Pusat UGM dengan dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., Chief Technology Officer Grup GoTo, Herman Widjaja, Stephanie Susilo, Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia, serta perwakilan dari ketiga organisasi.

Rencana pembukaan GoTo x TikTok x UGM Technology Center menegaskan komitmen bersama Grup GoTo dan TikTok dalam memprioritaskan rekrutmen dan pengembangan talenta digital dalam negeri, di tengah kebutuhan akan talenta digital yang semakin tinggi. Selain dari pengembangan talenta digital yang akan direkrut oleh Grup GoTo dan TikTok dalam beberapa tahun ke depan melalui GoTo x TikTok x UGM Technology Center ini, talenta-talenta yang dihasilkan akan dapat turut menumbuhkan berbagai pelaku sektor ekonomi digital lainnya di Indonesia.

Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM menjelaskan, “Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, UGM terus membina putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi membangun negeri. Kehadiran GoTo x TikTok x UGM Technology Center, maupun kolaborasi UGM dengan Grup GoTo dan TikTok menjadi bagian dari komitmen menghadirkan talenta digital yang inovatif, kreatif, dan kompetitif dari UGM, untuk memajukan sektor ekonomi digital di Indonesia. Atas nama UGM saya menyambut Grup GoTo dan TikTok dan mengucapkan terima kasih atas peran serta kedua perusahaan tersebut dengan dunia pendidikan untuk menghasilkan talenta digital Indonesia yang dapat go global.”

Herman Widjaja, Chief Technology Ocer Grup GoTo, menjelaskan, “GoTo x TikTok x UGM Technology Center yang akan dibuka, merupakan bukti nyata komitmen bersama Grup GoTo dan TikTok dalam mendukung peningkatan kompetensi talenta digital Indonesia di era transformasi teknologi, yang sejalan dengan visi UGM sebagai mitra kami. Bersama-sama, Grup GoTo dan TikTok memiliki komitmen teguh untuk memberdayakan sumber daya manusia di sektor digital Indonesia agar dapat semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri. Kami berterima kasih dan mengapresiasi dukungan UGM sebagai mitra penting bagi GoTo dan TikTok dalam mewujudkan visi kami tersebut.”

Stephanie Susilo, Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia menjelaskan, “Salah satu bagian penting dalam kemitraan strategis TikTok dengan Grup GoTo adalah komitmen untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang antara lain diwujudkan dalam upaya mencetak talenta lokal yang inovatif dan kompetitif. Merupakan sebuah kehormatan bagi kami berkesempatan untuk mewujudkan komitmen kami melalui GoTo x TikTok x UGM Technology Center. Ini menjadi langkah pertama bagi bekerja sama dengan dunia pendidikan untuk memberikan manfaat optimal agar dapat berkontribusi lebih jauh kepada kemajuan sektor teknologi di Indonesia. Kami menantikan terlaksananya kerja sama lebih lanjut bersama dengan Grup GoTo dan UGM dalam pemberdayaan talenta digital Indonesia.”

GIK hadir sebagai pusat inovasi dan kreasi UGM dengan fokus pada riset dan inovasi. Kehadiran GIK ditujukan untuk mendorong aktivitas belajar-mengajar mahasiswa dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan pelaku usaha. Grup GoTo dan TikTok berencana untuk membuka GoTo x TikTok x UGM Technology Center di GIK UGM bersamaan dengan penyelesaian pembangunan GIK UGM pada bulan Februari 2024. Di lokasi seluas 914 m2 tersebut, Grup GoTo dan TikTok akan membuka area kerja kolaboratif dan fasilitas pendukung pendidikan, penelitian, dan pengembangan. Langkah ini merupakan bagian dari rekrutmen talenta digital yang telah sebelumnya dilakukan oleh Grup GoTo di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, serta komitmen jangka panjang, membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di tanah air.

Penjajakan Peluang Kerja Sama Teknologi

Selain mengumumkan kesepakatan rencana kerja sama pembukaan GoTo x TikTok x UGM Technology Center, Grup GoTo, TikTok, dan UGM tengah menjajaki peluang kerja sama lanjutan dalam aspek teknologi, untuk semakin mewujudkan pemanfaatan teknologi karya Indonesia dalam pertumbuhan sektor ekonomi digital Indonesia yang berdaya saing tinggi.

Grup GoTo dan TikTok berkomitmen mengakomodasi pengembangan talenta digital Indonesia dari dunia pendidikan melalui berbagai langkah, dimulai dengan:

  1. Pengembangan solusi berbasis pemelajaran mesin (machine learning);
  2. Program magang (internship) bagi mahasiswa UGM;
  3. Program pertukaran karyawan bagi karyawan yang direkrut TikTok Indonesia untuk ditugaskan di berbagai kantor TikTok di berbagai penjuru dunia; dan
  4. Pengembangan sumber daya pendidikan untuk membagikan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa UGM, termasuk dalam bentuk kelas daring untuk mahasiswa.

Diharapkan, melalui program-program tersebut Grup GoTo akan dapat memperkaya platform-platformnya untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik bagi konsumennya. Sebagai ekosistem digital terbesar Indonesia yang berkontribusi sampai dengan 2,2% produk

domestik bruto (“PDB”) 2022 Indonesia1 dan turut mengembangkan jutaan mitra dan pelaku usaha, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (“UMKM”), solusi teknologi karya anak bangsa ini akan mempertegas posisi terdepan Grup GoTo di sektor teknologi nasional.

Pada tahun 2022, sebanyak 75% dari karyawan yang direkrut Grup GoTo adalah karyawan yang berbasis di Indonesia.2 Pada tahun yang sama, 80% dari karyawan tetap di seluruh Grup GoTo berbasis di Indonesia.2 Di tahun 2023, TikTok memiliki hampir 2.000 karyawan tetap berbasis di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper