Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkominfo dan Mendag Angkat Bicara soal Duet TikTok & Tokopedia

Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan turut angkat bicara terkait dengan kemitraan strategis antara TikTok dan Tokopedia.
Logo aplikasi TikTok ditampilkan di sebuah smartphone./Bloomberg-Brent Lewin
Logo aplikasi TikTok ditampilkan di sebuah smartphone./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi turut angkat bicara terkait dengan kemitraan strategis antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan TikTok.

Menurutnya, rencana TikTok Shop bakal dibuka lagi di Indonesia melalui kerja sama dengan Tokopedia merupakan langkah yang wajar dan sah. Mengingat hal tersebut merupakan transaksi yang murni bisnis atau kerja sama business to business (B to B).  

"Udah itu kan B to B. Jadi biar saja lah. Selama B to B oke aja. Yang penting itu ada komitmen untuk mendukung dan membela UMKM di Indonesia," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (11/12/2023).

Terkait regulasi, Budi memandang semua proses investasi TikTok di Tokopedia nampaknya tidak bermasalah. Meski begitu, dia menekankan bahwa perizinan TikTok Shop berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Boleh nggak ada masalah kok dia. [Pemenuhan perizinan] nanti ke perdagangan," tandas Budi.

Adapun, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Dengan begitu, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia dan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Selain itu, TikTok juga dikabarkan bakal menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) masih irit bicara mengenai kabar tersebut. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan akan buka suara terkait kemitraan dua perusahaan besar itu saat momentum kampanye Beli Lokal yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 pada  Selasa (12/12/2023).

"Besok aja kalau mau [dijawab] datang ke acara saya ya. Besok ada acara Tokopedia, datang aja besok," kata Zulhas, ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Untuk diketahui, konferensi pers tersebut dilakukan dalam rangka peluncuran kampanye 'Beli Lokal' oleh Tokopedia dan TikTok. Acara ini akan diselenggarakan pada pukul 10.00-12.00 WIB di Auditorium Lantai 52, Tokopedia Tower, Kuningan, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper