Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Tambah 20 Negara Penerima Bebas Visa ke Indonesia

Presiden Jokowi mengatakan akan menambah 20 negara penerima bebas visa ke Indonesia. Ini bocorannya.
Ilustrasi Bebas visa
Ilustrasi Bebas visa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merencanakan untuk menambah sebanyak 20 Negara yang akan menjadi penerima bebas visa ke Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kementeriannya telah mengajukan 20 negara dengan wisatawan mancanegara tertinggi di luar negara yang sudah bebas kunjungan visa yang daftarnya akan disampaikan dalam kurun satu bulan kepada Jokowi.

"Dalam satu bulan ini, Presiden menugaskan daftar negara yang akan diajukan untuk bebas kunjungan ini bisa disempurnakan, untuk mendapatkan persetujuan dan ditindaklanjuti dengan kebijakan yang akan memberikan bebas visa kunjungan beberapa negara yang akan kita prioritaskan," katanya usai rapat internal terkait dengan visa di Istana Negara, Kamis (7/12/2023).

Lebih lanjut, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu optimistis melalui perluasan pemberian bebas visa, maka diharapkan akan ada dampak ekonomi yang dirasakan melalui kunjungan wisatawan mancanegara serta menarik investasi dan kegiatan ekonomi digital.

Apalagi, Sandiaga mengatakan bahwa target pemerintah terhadap nilai ekonomi ke negara dari sektor pariwisata mencapai Rp200 triliun dengan menyasar wisatawan mancanegara yang high spender, berkualitas dari sisi lama tinggal dan belanja di Indonesia.

Kendati demikian, kata Sandiaga, lantaran masih dalam tahap kajian maka kemungkinan negara penerima bebas visa masih dapat bertambah atau berkurang. Hal ini akan kembali meruju dari hubungan negara yang memiliki asas resiprokal atau hubungan timbal balik dengan Indonesia. 

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa dalam rapat tersebut terdapat usulan dari Menteri BUMN Erick Thohir agar menghadirkan adanya 13 bandara prioritas penerima bebas visa.

Nantinya, Sandi melanjutkan bahwa 13 bandara menjadi diprioritaskan untuk menampung kunjungan wisatawan mancanegara yang terbuka bagi wisatawan internasional.

Adapun, 5 bandara diantaranya merupakan bandara di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), seperti Yogyakarta International Airport, Lombok International Airport, Komodo International Airport, Sam Ratulangi International Airport. Juga Bandara di Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar, Banda Aceh, Jayapura, dan Kertajati.

Berikut daftar 20 negara yang diusulkan penerima bebas visa ke Indonesia 

  1. Australia
  2. China
  3. India
  4. Korea Selatan
  5. Amerika Serikat
  6. Inggris
  7. Perancis
  8. Jerman
  9. Belanda
  10. Jepang
  11. Rusia
  12. Taiwan
  13. Selandia Baru
  14. Italia
  15. Spanyol

 

Juga 5 negara lain tambahan negara yang berkaitan dengan sumbangsih kontribusi investasi dan ekonomi indonesia, seperti :

15 Persatuan Emirat Arab

17. Arab Saudi

18. Qatar

19. Beberapa negara timur tengah lainnya

20. Beberapa negara timur tengah lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper