Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Siasat MIND ID Dorong Hilirisasi Berkelanjutan di Industri Tambang

MIND ID menerapkan sistem berkelanjutan melalui berbagai aspek dari mulai melakukan eksplorasi sumber daya alam hingga upaya hilirisasi.
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia atau MIND ID terus mendorong proses bisnis yang berkelanjutan di Indonesia. 

Kepala Divisi CSR MIND ID Binahidra Logiardi mengatakan dalam melakukan aktivitas operasionalnya, MIND ID terus menerapkan sistem berkelanjutan melalui berbagai aspek dari mulai melakukan eksplorasi sumber daya alam hingga upaya hilirisasi yang dilakukan Grup MIND ID. 

“Melalui sinergi yang semakin kuat, Grup MIND ID berkomitmen untuk melaksanakan aktivitas operasional perseroan dalam mengeksplorasi dan mengelola sumber daya mineral secara bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Sabtu (11/11/2023)

Binahidra menjelaskan laporan keberlanjutan MIND ID setiap tahunnya disusun sesuai standar Global Reporting Initiatives (GRI). 

Selain itu, laporan keberlanjutan MIND ID pun mengacu pada prinsip-prinsip penambangan yang diatur dalam International Council on Mining and Metals (ICMM). 

Dalam pelaporan keberlanjutan, MIND ID menyertakan kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial sesuai dengan topik material dan batasan yang sudah ditentukan. Informasi yang disampaikan terkait kinerja berkelanjutan berdasarkan enam pilar Sustainability Pathway.

“Hal ini tentunya sebagai bagian dari perwujudan Noble Purpose atau tujuan mulai MIND ID yakni ‘We explore natural resources for civilization, prosperity and a brighter future’,”  ujar dia.

Sejalan dengan upayanya tersebut, MIND ID pun memperoleh gold rating dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 yang diadakan oleh National Centre for Corporate Reporting (NCCR). 

Selain meraih peringkat emas, MIND ID juga memperoleh pengakuan dan penghargaan komitmen perusahaan dalam pelaporan keberlanjutan dalam partisipasinya sebagai “A Commendation for first year ASSRAT”

Binahidra Logiardi menyebut mendapat peringkat emas dan penghargaan komitmen perusahaan dalam pelaporan keberlanjutan dalam ASRRAT 2023, menjadi bukti kinerja MIND ID sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi keberlanjutan.

Penghargaan ini sebagai komitmen perusahaan dalam pelaporan keberlanjutan, yang sekaligus juga menjadi bekal bagi Grup MIND ID untuk terus tumbuh dan menerapkan keberlanjutan dari setiap aspek perusahaan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama MIND ID juga menampilkan booth khusus sebagai salah satu upaya pengenalan sustainable pathway MIND ID dalam mewujudkan komitmen pertambangan hijau untuk mempromosikan efisiensi energi yang mengurangi jejak siklus hidup terhadap dampak lingkungan.

Booth ini juga memgangkat cerita mengenai 6 pilar yang menjadi tonggak penggerak ketercapaian sustainability pathway, yaitu: people, economic development, society, smart operation and product stewardship, environment and climate change, Governance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper