Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Dunia, Bandara Paling Ramah Keluarga

Bandara Soekarno-Hatta masuk ke dalam daftar 10 besar dunia sebagai bandara paling ramah keluarga.
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta masuk ke dalam daftar 10 besar bandara di dunia yang paling ramah keluarga pada 2023 versi penilaian The Family Vacation Guide.

Lembaga asal San Francisco, AS, The Family Vacation Guide sebagai penyedia informasi terpercaya untuk liburan keluarga, menempatkan Bandara Soekarno-Hatta di peringkat 8 dunia dengan skor 9.08 dalam daftar The World’s Most Family-Friendly Airports 2023. 

Metode penilaian yang diterapkan The Family Vacation Guide adalah dengan membuat daftar 77 bandara internasional terbesar di dunia. Kemudian, menganalisis kualitas bandara bagi keluarga dengan melihat persentase ketepatan keberangkatan dan pembatalan penerbangan berdasarkan data dari OAG.com.

Kemudian, lembaga tersebut juga melihat ketersediaan WiFi unlimited, pilihan tempat makan dan beraktivitas bagi keluarga pada sebuah bandara yang dilihat dari Tripadvisor dan website bandara. 

Berdasarkan metode tersebut, Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan memiliki 92 tempat F&B bagi keluarga, menyediakan unlimited WiFi, dan keluarga dapat melakukan 45 aktivitas di bandara.  

Terkait hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta berupaya menyediakan fasilitas bagi setiap segmen pelaku perjalanan, termasuk keluarga. 

Dia mengatakan, AP II terus meningkatkan standar pelayanan dan melengkapi fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta secara berkelanjutan. Hal ini agar bandara dapat menyediakan berbagai kebutuhan dari beragam segmen penumpang pesawat, mulai dari single traveler, pebisnis, hingga keluarga.

“Ini menjadi pemacu untuk terus meningkatkan pelayanan,” jelas Awaluddin dalam keterangan resminya, Rabu (8/11/2023).

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda menjelaskan, Bandara Soekarno-Hatta sendiri memiliki beragam fasilitas bagi keluarga yang disiapkan secara khusus dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Beberapa fasilitas bagi keluarga di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya adalah game station yang menyediakan konsol game dilengkapi dengan virtual reality bagi keluarga. Kemudian, kids zone dengan mini playground yang terdapat di sejumlah titik di terminal penumpang. 

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki Tourism Activity Center di terminal penumpang yang dilengkapi virtual reality untuk keluarga menjelajah beragam destinasi wisata di Indonesia. 

Bandara berkode CGK ini juga menyediakan reading corner yang menyediakan berbagai jenis buku dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

Selanjutnya, Bandara Soekarno-Hatta juga menyediakan jalur khusus (fast track) di area Security Check Point bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

Bagi keluarga yang ingin menunaikan ibadah bersama-sama, di Bandara Soekarno-Hatta terdapat ratusan musholla dengan dimensi luas di terminal penumpang. Selain itu, juga terdapat 6 masjid di kawasan bandara. 

Fasilitas lain adalah golf car gratis di Terminal 3 yang bisa digunakan satu keluarga secara bersama-sama untuk menuju boarding gate sebelum naik pesawat. 

Selain itu, terminal penumpang di Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan nursery room yang dilengkapi sterilizer untuk menyimpan ASI serta area untuk mengganti popok. Nursery room ini dibuka 24 jam setiap harinya. 

“Fasilitas-fasilitas terus kami tambah secara berkelanjutan di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Kami berharap dapat menambah kesenangan keluarga saat bepergian,” ujar Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper