Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Jokowi Jajal Jalan Tol IKN: Sangat Lebar!

Jokowi membagikan pengalaman menjajal Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur, hari ini Rabu (1/11/2023).
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan pengalaman menjajal Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur, hari ini Rabu (1/11/2023).

Kunjungan Presiden Jokowi ke IKN dilakukan dalam rangka pelaksanaan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya sejumlah proyek investasi swasta dan pembangunan infrastruktur di IKN.

"Kita kalau sekarang ini dari Balikpapan menuju ke Nusantara itu masih muter. Memerlukan waktu kurang lebih hampir 2 jam bahkan lebih kadang-kadang. Tapi pagi tadi saya sudah mencoba yang jalan tol baru sudah tembus," kata Jokowi saat dalam agenda groundbreaking Superblok Pakuwon Nusantara di IKN, Rabu (1/11/2023).

Jokowi menjelaskan, Jalan Tol IKN akan memangkas waktu tempuh Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari semula 2 jam menjadi 45 menit saja.

Dia juga menjelaskan, Jalan Tol IKN di desain memiliki lebar jalan yang luas, bahkan menyamai jalan tol tertua RI yakni Jalan Tol Jagorawi.

"Jalan tolnya sangat lebar, 3 line kanan 3 line kiri. Artinya kayak Tol Jagorawi. Segede itu kira-kira akan selesai nanti di bulan Juni 2024," tuturnya.

Untuk diketahui sebelumnya, mengutip dokumen yang dibagikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan IKN, hingga periode 19 Oktober 2023 progres pelaksanaan pembangunan jalan tol IKN masih sesuai target.

Adapun, perinciannya, Jalan Tol IKN Segmen Sp. Tempadung - Jembatan Pulau Balang atau Tol Seksi 5A realisasi konstruksinya mencapai 60,23%. Lebih cepat 0,7 persen dari target yang ditetapkan sebesar 59,35%.

Kemudian, Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang - KKT Kariangau (Tol 3A) progresnya mencapai 26,64%, sedangkan Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau - SP. Tempadung (Tol 3B) sebesar 40,22%.

Pembangunan jalan di dalam KIPP sendiri yakni pembangunan jalan sumbu kebangsaan sisi barat progresnya saat ini mencapai 67,76%, melesat 13,33% lebih cepat dari target yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper