Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Lobi Brasil Investasi Bangun Pabrik Gula dan Perkebunan Tebu

Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak Brasil investasi pembangunan pabrik gula dan pengembangan lahan tebu di Indonesia.
Kebun tebu - Istimewa
Kebun tebu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak Brasil untuk berinvestasi dalam pembangunan pabrik gula dan pengembangan lahan tebu di Indonesia.

Rencana investasi itu muncul dalam pertemuan antara Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman dengan Menteri Pertanian Brasil Carlos Favaro di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (30/10/2023).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Nasrullah, yang mendampingi Amran dalam pertemuan tersebut mengatakan adanya rencana Brasil untuk berinvestasi dalam bentuk transfer teknologi untuk pengolahan tebu menjadi gula dan etanol di Indonesia. Selain itu, Brasil juga berencana mentransfer teknologi pengembangan bibit unggul untuk perkebunan tebu.

"Jadi apa yang dibutuhkan Indonesia adalah teknologinya yang bagus di Brasil itu yang akan diadopsi oleh Indonesia. Teknologi untuk pabrik gula sampai dengan etanol, itu menjadi bagian dari kerja sama kita," kata Nasrullah saat ditemui di Kantor Kementan, Senin (30/10/2023).

Sementara itu, Menteri Pertanian Brasil, Carlos Favaro, berujar bahwa kerja sama di sektor pergulaan itu sebagai upaya meningkatkan diplomasi Brasil dengan Indonesia dari segi persahabatan dan perdagangan kedua negara.

Carlos mengklaim lembaga risetnya yang bernama Embrapa telah berhasil membawa negaranya swasembada gula. Kemiripan iklim tropis yang dimiliki kedua negara, kata Carlos, mendorong mereka untuk terlibat membantu Indonesia mencapai swasembada gula dan peningkatan pertanaman tebu.

"Kami sepakat untuk menolong Indonesia. Brasil bisa mentransfer teknologi dan menghasilkan varietas bibit tebu yang sesuai dengan iklim dan lahan di Indonesia. Pengalaman 50 tahun yang berhasil dimiliki Brasil dapat juga dibagikan kepada Indonesia," ungkap Carlos usai pertemuan tersebut.

Sebagai informasi, dalam keterangannya, Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan bahwa pihaknya menawarkan kepada pemerintah Brasil untuk mendukung rencana Indonesia membangun 30 unit pabrik gula dan perluasan lahan tebu.

"Kita minta agar pemerintah Brasil memfasilitasi rencana pembangunan 30 unit pabrik gula dan kebun tebu di Indonesia dalam bentuk investasi, dan kerja sama ini akan disusun dalam bentuk kelompok kerja," ujar Amran dalam keterangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper