Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan TikTok soal Pembukaan Kembali TikTok Shop di Indonesia

TikTok Shop dirumorkan akan dibuka kembali sebagai e-commerce dalam waktu dekat.
Pedagang Tanah Abang meminta agar pemerintah tutup TikTok karena membuat omzet UMKM anjlok./ BISNIS - Dwi Rachmawati
Pedagang Tanah Abang meminta agar pemerintah tutup TikTok karena membuat omzet UMKM anjlok./ BISNIS - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, SOLO - TikTok Shop Indonesia dirumorkan akan kembali dibuka dalam waktu dekat, yakni setidaknya satu bulan sejak penutupan.

Kabar ini pun menjadi viral. Bahkan informasi lain menyebutkan bahwa TikTok Shop siap kembali dengan situs berbeda sebagai e-commerce.

Rumor ini kemudian langsung ditanggapi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim pada Selasa (10/10/2023).

"Saya malah belum tahu," kata Isy Karim, dikutip dari Antara.

Dirjen PDN itu mengaku tidak ingin berspekulasi soal kebenaran artikel tentang TikTok Shop tersebut. Namun, ia menerangkan per tanggal 10 Oktober 2023, pihak TikTok belum mengajukan izin kepengurusan menjadi loka pasar atau e-commerce yang beroperasi di Indonesia.

"Belum (ada pengurusan izin e-commerce)," lanjut Isy Karim.

Sebelumnya, TikTok Indonesia mengatakan bahwa pihaknya menuruti 100 persen kebijakan pemerintah untuk menutup TikTok Shop.

Pihaknya pun secara efektif menghentikan operasional TikTok Shop per 4 Oktober 2023 dan tak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kapan TikTok Shop akan dibuka kembali.

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB. Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan," tulis keterangan resmi TikTok Indonesia pada Selasa (3/10).

Harus miliki izin e-commerce

TikTok Shop diperbolehkan hadir kembali di Indonesia dengan cara membuka situs baru berstatus e-commerce, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 terkait
dengan Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Sehingga ke depannya apabila TikTok Shop akan dibuka kembali, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyambut baik wacana tersebut.

Ia pun berjanji akan ikut membantu mengurus perizinan TikTok Shop nantinya.

"Kalau mau jualan nanti bisa urusin [izin] e-commerce, kita bantu. Jadi tidak usah khawatir," ujar Zulhas, Rabu (4/10/2023).

Di sisi lain, pembukaan kembali TikTok Shop turut disinggung oleh Ketua Umum Indonesia Digital Empowering Community (Idiec) Tesar Sandikapura.

Dengan izin yang berlaku saat ini, ia mengatakan ada kemungkinan TikTok Shop akan membuat marketplace terpisah.

“Ada kemungkinan mereka buat marketplace terpisah,” katanya, Selasa (3/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper