Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Clean & Laundry Makin Berkembang, Asosiasi Gelar Pameran Tahunan

Asosiasi menggelar pameran Expo Clean & Expo Laundry guna memfasilitasi inovasi pelaku bisnis sektor jasa tersebut.
Pengunjung melihat-lihat berbagai produk dan teknologi kebersihan yang dipamerkan pada Expo Clean and Laundry pada beberapa tahun lalu/JIBI-Dwi Prasetya
Pengunjung melihat-lihat berbagai produk dan teknologi kebersihan yang dipamerkan pada Expo Clean and Laundry pada beberapa tahun lalu/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA-  Industri cuci bersih pakaian atau clean & laundry mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dinamis di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Selepas pandemi, kegiatan membersihkan dan mencuci menjadi lebih penting dan ekspektasi yang meningkat akan kebersihan juga turut memacu perubahan yang mendorong evolusi industri binatu tersebut.

“Industri klining mengalami pertumbuhan yang luar biasa, pelaku usaha juga dituntut untuk lebih sigap dalam mengantisipasi kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang paling efektif. Tentunya, industri ini juga merupakan industri yang padat karya dan salah satu upaya peningkatan kualitas adalah juga dengan memberikan peluang untuk terus belajar dengan pelatihan – pelatihan dan juga sertifikasi tenaga kerja,” kata M Shiddiq, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo)

Dengan adanya kebutuhan pasar yang dinamis, industri klining dan laundry terus beradaptasi mengikuti perubahan dan tren pasar. Sertifikasi tenaga kerja, penggunaan bahan bahan yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia, pemanfaatan teknologi otomasi adalah beberapa elemen yang turut menentukan arah industry klining dan laundry. 

Berkaca dari hal itu, asosiasi dan para profesional bidang klining dan laundry pun sejak 2014 menyelenggarakan kegiatan “Expo Clean & Expo Laundry”.

“Industri laundry sudah melaju pesat dalam semua kategorinya, baik dari laundry khusus untuk ritel, komersial, fasilitas yankes, pariwisata, semua berkembang cepat. Kunci utamanya ada di inovasi. Untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar, para profesional industri klining dan laundry harus memiliki inovasi produk,” kata Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa, penyelenggara pameran ekspo tersebut.

Dia mengungkapkan melalui inovasi, pelaku industri dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih baik, lebih efektif dan efisien.

Pada pameran kali ini, ekspo inipun menghadirkan lebih dari 100 merk produk klining dan laundry mewakili 15 negara dan kawasan di dunia. Beragam produk ditampilkan dengan inovasi terkini.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha dalam negeri untuk dapat lebih unggul dan meningkatkan produktivitasnya. Salah satu agenda yang diadakan adalah Laundry Roundtable, di mana pelaku usaha laundry dari Filipina, Malaysia dan Indonesia dapat saling bertukar pengalaman. 

Ekspo ini juga bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi). “Kerja sama ini untuk mengadakan seminar healthcare laundry dan masih banyak lagi aktivitas lainnya selama tiga hari ke depan,” tambah Teddy Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper