Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung 13 September

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjajal kereta cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pada 13 September 2023.
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjajal kereta cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pada 13 September 2023.

Jokowi bakal menjajal naik kereta cepat sebelum transportasi massal tersebut resmi beroperasi secara komersial pada 1 Oktober 2023.

"Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023, Bapak Presiden Joko Widodo akan mencoba kereta cepat pada 13 September," ujar Menhub Budi dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (10/9/2023).

Menhub Budi menuturkan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk percepatan kesiapan aksesibilitas kereta cepat.

Sejumlah pihak yang dilibatkan antara lain Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, PT Jasa Marga, sejumlah lembaga dan pihak swasta terkait dalam rangka percepatan kesiapan aksesibilitas KCJB.

Dia membeberkan, sejumlah aksesibilitas yang tengah dibangun menjelang beroperasinya KCJB yakni Stasiun Halim yang meliputi akses Jl. DI. Panjaitan tahap I dan II; akses jalan kawasan Stasiun Halim, dan akses exit Tol Halim 1+842 km beserta jalan penghubungnya.

Kemudian di Stasiun Karawang, Jawa Barat (Stasiun antara) meliputi akses Jl. THK, akses Km.42+00, dan akses jalan kawasan.

Adapun, di Stasiun Padalarang, Jawa Barat (stasiun antara dan stasiun kereta feeder KCJB menuju Stasiun Bandung) meliputi akses masuk stasiun dan tol; jalan kabupaten tol pada ruas Gedonglima dan Panaris; jalan provinsi ruas Padalarang-Cisarua; jalan nasional Padalarang; dan rencana akses jalan dari Kota Baru Parahyangan.

Kemudian, di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat (stasiun akhir) yang meliputi akses Km 151; dropzone Tegalluar; akses Stasiun Cimekar - Stasiun KCJB Tegalluar; jembatan Cibiru Bandung.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kamis (7/9/2023), Menhub Budi memastikan sertifikat izin operasi kereta cepat Jakarta Bandung paling lambat terbit dalam dua pekan kedepan alias sebelum September 2023 berakhir.

Budi menjelaskan saat ini sertifikasi untuk kereta cepat masih terus berjalan di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. 

Adapun, Jokowi dijadwalkan menjajal kereta cepat Jakarta Bandung sepulang dari menghadiri KTT G20 di India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper