Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Hari Ini, Angkutan Barang Dilarang Melintas di 4 Ruas Tol saat KTT Asean Jakarta

BPTJ menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang di empat ruas tol Jakarta selama KTT Asean, 5-7 September 2023.
Truk sarat muatan atau over dimension over load (ODOL) melintas di jalan Tol Jagorawi, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Truk sarat muatan atau over dimension over load (ODOL) melintas di jalan Tol Jagorawi, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menerbitkan pengaturan lalu lintas pada masa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean 2023 di ruas tol wilayah Jakarta.

Plt. Kepala BPTJ Agung Raharjo menyampaikan bahwa pengaturan lalu lintas yang akan dilakukan, yaitu berupa pembatasan operasional kendaraan angkutan barang pada sejumlah ruas tol di Jakarta yang akan diberlakukan mulai 5 September pukul 00.00 WIB sampai dengan 7 September pukul 23.59 WIB.

Pengaturan tersebut diterbitkan melalui Surat Keputusan Kepala BPTJ Nomor KP-BPTJ 221 Tahun 2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN Tahun 2023 di Ruas Tol Wilayah Jakarta.

Secara total ada empat ruas jalan tol yang akan diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang, yaitu ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, Tol Tomang-Pluit, Tol Kembangan-Tomang, dan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo (Pluit-Kamal Muara). 

"Pembatasan operasional kendaraan barang ini akan mulai berlaku 5 September pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 7 September pukul 23.59,” terangnya melalui keterangan resmi, Senin (4/9/2023).

Agung juga menambahkan, ada beberapa kendaraan angkutan barang yang dikecualikan dan diperbolehkan melintas selama perhelatan KTT ke-43 Asean, mulai dari kendaraan pengangkut bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar gas (BBG), ternak, hingga sembako.

Dia memaparkan, beberapa kategori kendaraan barang yang termasuk dalam pengecualian, mulai dari pengangkut BBM atau BBG, ternak, hantaran pos dan uang, pangan pokok terdiri atas sembako, air minum dalam kemasan, dan pakan ternak.

Kemudian, untuk mobil angkutan barang yang tidak dilarang tersebut tentunya wajib dilengkapi surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan berisi keterangan jenis barang yang diangkut, tujuan pengiriman barang, nama dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

Pembatasan operasional mobil angkutan barang selama perhelatan akbar KTT ke-43 Asean dinyatakan dengan rambu lalu lintas yang dipasang oleh badan usaha di bidang jalan tol. Selain itu, petugas akan disiagakan untuk mengatur lalu lintas. 

Pelanggaran terhadap ketentuan perintah dan larangan yang dinyatakan dengan rambu, marka dan alat pemberi isyarat lalu lintas akan dikenakan sanksi dengan Undang-Undang No.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper