Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Stasiun KRL Ini Bakal Terintegrasi dengan LRT Jabodebek

Berikut daftar 2 stasiun KRL KRL yang bakal terintegrasi dengan Layanan LRT Jabodebek.
LRT Jabodebek menyediakan 18 stasiun yang akan melayani penumpang mulai 28 Agustus 2023. (ANTARA/HO/KAI)
LRT Jabodebek menyediakan 18 stasiun yang akan melayani penumpang mulai 28 Agustus 2023. (ANTARA/HO/KAI)

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan meresmikan sekaligus mengoperasikan LRT Jabodebek pada hari ini, Senin (28/8/2023). PT KAI Commuter telah menyiapkan layanan dan fasilitas integrasi di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan sejumlah stasiun KRL yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek, yakni Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman. 

"Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan KRL untuk melanjutkan perjalanannya dengan LRT Jabodebek," terangnya melalui keterangan resmi, Minggu (27/8/2023).

Khusus di Stasiun Cawang, dia mengatakan KAI Commuter telah menyiapkan akses untuk menuju Stasiun LRT Cikoko atau untuk menuju halte Bus Trans-Jakarta.

Nantinya, penguna Commuter line yang hendak melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT ataupun Bus Trans-Jakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO. 

Saat ini, sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan KAI Commuter untuk melayani pengguna Commuter line yang transit di Stasiun integrasi antar moda Cawang.

"KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di Stasiun Cawang sebanyak 12.000 -15.000 orang per hari," ungkapnya. 

Sementara itu, pengguna commuter line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11.000 -13.000 orang per hari. Selain itu, Stasiun Commuter Line yang terintegrasi dengan layanan LRT Jabodebek adalah Stasiun Sudirman. 

Anne menilai dengan lokasi yang strategis karena berada ditengah-tengah kawasan perkantoran Ibu Kota, juga menjadikan Stasiun Sudirman menjadi salah satu stasiun commuter line yang dilengkapi dengan sistem integrasi antar moda. 

Selain terintegrasi dengan layanan LRT, Stasiun Sudirman juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti layanan Commuter Line Basoetta, MRT dan Bus Trans-Jakarta.

Pengguna commuter Line bisa mengakses JPO pada sisi Timur stasiun untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT. KAI Commuter juga telah mengoperasikan sebanyak 277 perjalanan Commuter Line yang akan melayani pengguna di Stasiun Sudirman tiap harinya. 

Sejauh ini, tercatat rata-rata volume pengguna Commuter Line di Stasiun Sudirman pada hari kerja sebanyak 25.000 – 30.000 orang per hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper