Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Anggaran Renovasi JIS untuk Persiapan Piala Dunia U-17, Kemenkeu: Tanya PUPR

Kemenkeu menyampaikan saat ini belum ada penambahan anggaran dari kantong negara untuk renovasi Jakarta International Stadium dalam persiapan Piala Dunia U-17
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan saat ini belum ada penambahan anggaran dari kantong negara untuk renovasi Jakarta International Stadium (JIS) dalam persiapan Piala Dunia U-17. 

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan anggaran untuk renovasi tersebut terdapat di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Kalau anggaran di PUPR sudah ada, kan nggak usah dikasih lagi, coba tanya sana [PUPR] ya,” ujarnya kepada awak media di Kompleks Parlemen, Selasa (11/7/2023). 

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023, Kementerian PUPR mendapatkan pagu sebesar Rp140,92 triliun yang diperuntukkan mendukung infrastruktur, permukiman, perumahan, dan bina konstruksi. 

Diketahui, renovasi JIS diperlukan khususnya untuk rumput, dalam persiapan perhelatan akbar Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memperkirakan perbaikan rumput satu lapangan utama JIS menghabiskan biaya sekitar Rp6 miliar. 

Basuki mengatakan biaya tersebut akan dianggarkan Kementerian PUPR berbarengan dengan biaya pembangunan akses jembatan penyeberangan orang (JPO) dari Ancol. 

Sementara dari sisi pendanaan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebutkan bahwa anggaran akan berasal dari sisa dana U-20 yang batal digelar di Indonesia.  

Mengingat sudah banyaknya anggaran yang keluar untuk persiapan U-20 yang batal digelar, dirinya menyebutkan akan ada penambahan anggaran dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

“Sisa dana U-20 yang batal itu yang tidak terpakai akan dialihkan ke U-17. Kemudian juga ada penambahan dana untuk U-17, kan sebagian [dana U-20] sudah terpakai,” ujarnya kepada awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (4/7/2023).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper