Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kado Kemerdekaan, Kemenkominfo Target ASO Rampung Agustus 2023

Kemenkominfo optimistis program Analog Switch Off (ASO) dapat selesai pada Agustus 2023 sehingga jadi kado kemerdekaan Indonesia.
Kemenkominfo optimistis program Analog Switch Off (ASO) dapat selesai pada Agustus 2023 sehingga jadi kado kemerdekaan Indonesia. /scm.co.id
Kemenkominfo optimistis program Analog Switch Off (ASO) dapat selesai pada Agustus 2023 sehingga jadi kado kemerdekaan Indonesia. /scm.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) optimistis program Analog Switch Off (ASO) dapat selesai pada Agustus 2023 sehingga jadi kado kemerdekaan Indonesia.

"Diharapkan ASO nasional sudah selesai paling lambat sebelum hari Kemerdekaan Indonesia sebagai kado terindah dari stakeholder penyiaran," ujar Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia, Selasa (4/7/2023).

Gery mengatakan saat ini, infrastruktur multipleksing (mux) sudah dibangun oleh TVRI dan pihak swasta di 112 wilayah siaran atau 341 kabupaten/kota. Dengan begitu, menurutnya infrastruktur tersebut sudah bisa digunakan untuk bersiaran digital oleh 668 stasiun TV yang sudah bersiaran secara digital.

"Tersisa hanya 19 stasiun TV analog yang sedang berproses bersiaran digital  sehingga seluruh masyarakat Indonesia sudah menikmati siaran TV digital dan sudah meninggalkan siaran analog," kata dia.

Lebih lanjut Gery menuturkan, ekosistem pendukung siaran TV digital seperti set top box (STB) dan TV digital telah tersebar di seluruh Tanah Air.

Perangkat tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan terjangkau baik di pasar retail maupun marketplace. Dia menyebut sejauh ini, terdapat 53 produsen STB dan 25 produsen TV digital yang telah memproduksi perangkat pendukung tersebut dengan berbagai type dan ukuran, serta telah memenuhi persyaratan sertifikasi dan SNI yang ditetapkan.

Adapun hingga kini, ASO telah dilakukan di sejumlah kota besar yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Palembang, Bali, Banjarmasin, dan Makassar. Dalam waktu dekat, siaran TV analog akan dipadamkan di Medan dan sekitarnya, yaitu pada 30 Juli 2023.

"Medan rencananya akan melaksanakan ASO pada 30 Juli 2023 pukul 24.00 waktu setempat karena posisi distribusi STB untuk Rumah Tangga Miskin [RTM] pada hari ini sudah mencapai 70 persen," ucap Gery.

Berdasarkan hasil survei Nielsen pada 1 Juli 2023, penetrasi TV digital di 11 kota besar mulai berangsur menuju normal. Hal ini, juga berdampak terhadap penetrasi digital nasional yang mendekati 80 persen.

Sebelum ini, jumlah penonton TV analog di 11 kota besar sekitar 59 juta. Sedangkan per 1 Juli 2023, jumlah penonton TV digital sudah sekitar 56 juta. Sementara itu penonton TV analog secara nasional sebelum ASO sebanyak 130 juta dan posisi 1 Juli 2023 penonton siaran TV digital sekitar 124 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper