Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tajir Melintir! Crazy Rich Hong Kong Beli Perusahaan Properti Rp67 Triliun

Seorang miliarder Hong Kong membeli raksasa properti NWS Holdings senilai USS4,5 miliar atau setara Rp67,6 triliun. Siapakah sosok miliarder tersebut?
Gedung di Hong Kong
Gedung di Hong Kong

Bisnis.com, JAKARTA - Chow Tai Fook Enterprise (CTFE), sebuah perusahaan investasi swasta milik miliarder Hong Kong, Henry Cheng mengumumkan rencana pembelian perusahaan properti NWS Holdings senilai US$4,5 miliar atau setara dengan Rp67,6 triliun (kurs Rp15.040)

Melansir Forbes, Minggu (2/7/2023) NWS Holdings adalah perusahaan properti terbesar dan unggulan yang merupakan bagian dari usaha New World Development yang memiliki usaha properti, hotel, infrastruktur, hingga layanan.  

Melalui bursa saham Hong Kong, CTFE mengumumkan rencana akuisisi saham NWS Holdings. Saat ini perusahaan tersebut memiliki langsung 2,5 persen saham di raksasa properti itu. 

Dalam penawarannya, CTFE akan mengakuisisi saham yang belum dimilikinya, termasuk 60,9 persen saham yang masih dimiliki New World Development. Akusisi ini dinilai akan meringankan beban utang pengembang properti tersebut.

"Tawaran itu akan segera memperkuat posisi keuangan New World Development dan meningkatkan fokus strategis New World Development pada pengembangan properti, investasi properti, dan bisnis terkait properti," tulis CTFE dalam laporan kepada bursa efek Hong Kong. 

CTFE juga mengatakan bahwa penawaran ini mewakili premi sebesar 14,5 persen dari harga perdagangan terakhirnya sebesar HK$7,99 pada Jumat (27/6/2023) pekan lalu sebelum sahamnya ditangguhkan.

Dengan kata lain, penawaran premi 30,9 persen di atas harga penutupan rata-rata HK$6,99 selama 30 hari perdagangan. 

Sebagai informasi, Henry Cheng, putra sulung pendiri New World Cheng Yu-tung, adalah direktur Chow Tai Fook Enterprises, dan ketua New World dan NWS.

Henry Cheng disebut akan menggunakan haknya untuk menjadikan NWS pribadi, termasuk mengakuisisi setidaknya 90 persen saham NWS yang belum dimilikinya.

Adapun, pembelian NWS Holdings dilakukan karena New World Development terus meningkatkan pelepasan aset non-inti untuk menurunkan utang di tengah lonjakan suku bunga dan jatuhnya harga properti. 

Raksasa real estat itu mengatakan akan melepas aset non-inti senilai HK$10 miliar selama tahun keuangan yang berakhir Juni.

Sebagai unggulan di industri properti dan infrastruktur, New World Development melaporkan peningkatan pendapatan 7,8 persen year-on-year (yoy) menjadi HK$17,6 miliar per Desember 2022.

Namun, perusahaan tersebut mengalami penurunan laba bersih 26,6 persen menjadi HK$1,2 miliar selama periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper