Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha, Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Wilayah Sumbagut Meningkat 5 Persen

Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara memproyeksikan konsumsi LPG dan BBM meningkat sekitar 3 persen-5 persen selama periode libur Iduladha.
SPBU Pertamina. /Istimewa
SPBU Pertamina. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memproyeksikan konsumsi LPG dan BBM meningkat sekitar 3 persen hingga 5 persen selama periode libur Hari Raya Iduladha 2023.

Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria menyebutkan peningkatan tersebut seiring dengan adanya keputusan pemerintah yang telah menetapkan cuti bersama pada 28 Juni 2023 dan 30 Juni 2023, sehingga libur Iduladha menjadi 3 hari ditambah 2 hari libur akhir pekan Sabtu dan Minggu.

"Kami juga menjamin stok BBM dan LPG dalam kondisi aman untuk mendukung kelancaran aktivitas masyarakat jelang dan selama Iduladha. Kami perkirakan konsumsi BBM dan LPG mengalami kenaikan 5 persen dari konsumsi normal," ujar Satria pada Jumat (30/6/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan stok BBM dan LPG di 5 provinsi operasional Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut yang meliputi Aceh, Sumut, Riau, Kepri, dan Sumbar. Menurutnya koordinasi antar wilayah terus dilakukan, di antaranya memastikan dan memonitor pasokan BBM dan LPG bagi masyarakat terpenuhi. 

Saat ini ada sekitar 1000 lembaga penyalur BBM, 697 agen LPG PSO (Public Service Obligation), 156 agen LPG NPSO (Nonpublic Service Obligation) di wilayah Sumbagut yang melayani kebutuhan energi dan tetap akan menyalurkan energi walaupun dalam kondisi libur panjang.

Melalui terminal BBM, depot LPG, depot pengisian pesawat udara (DPPU), SPBU bahkan hingga pangkalan terus dimonitor stocknya. 

"Selain merayakan Iduladha, beberapa objek wisata di kelima provinsi yang berada di wilayah Sumbagut diprediksi akan mengalami kenaikan kunjungan, sehingga kami telah melakukan penambahan stok LPG 3 kg di beberapa kabupaten kota berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah," tambahnya.

Sepanjang periode libur Iduladha, kata Satria, ketahanan stok BBM dan LPG di level aman. Ketahanan stok Regional Sumbagut untuk produk gasoline, gasoil, LPG dan Avtur per 28 Juni 2023 mencapai angka 14 hari. Angka tersebut belum termasuk pasokan yang berada di kilang dan yang saat ini tengah berada dalam perjalanan diantaranya melalui kapal tanker.

Pihaknya mengimbau bagi masyarakat mampu untuk dapat menggunakan BBM dan LPG non subsidi agar akses energi bagi masyarakat yang memang membutuhkan dapat terdistribusi dengan baik.

"Kami juga memastikan bahwa kondisi sarfas terminal BBM, depot LPG, DPPU tetap dipelihara dan dijaga sesuai standard HSSE, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan dapat menikmati perayaan Iduladha bersama keluarga dengan suka cita," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Muhammad Ridwan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper