Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Gedung Indonesia 1 Milik Surya Paloh Batal Rampung 2023

Proyek gedung pencakar langit Indonesia 1 milik Surya Paloh di Jakarta dipastikan batal rampung tahun ini.
Proyek gedung Indonesia 1 - Dok. Media Group
Proyek gedung Indonesia 1 - Dok. Media Group

Bisnis.com, JAKARTA - PT Acset Indonusa Tbk. (ACST) selaku kontraktor pelaksana gedung pencakar langit Indonesia 1 milik konglomerat Media Group, Surya Paloh memastikan penyelesaian pembangunan proyek tersebut mundur dari target rampung Desember 2023.

"Untuk rencana rampungnya mundur dari target," kata Corporate Secretary PT Acset Indonusa Tbk. (ACST), Kadek Ratih kepada Bisnis, Senin (26/6/2023). 

Untuk diketahui, pembangunan gedung Indonesia 1 dilakukan Media Group melalui PT Surya Indonesia Satu Property (SISP) selaku anak usaha dari PT Media Properti Indonesia (MPI).

Kadek memastikan proyek milik Surya Paloh itu masih terus berjalan, meskipun terjadi sejumlah polemik yang membuat penyelesaiannya terlambat dari target awal. 

Adapun, gedung Indonesia 1 dikerjakan oleh kontraktor pelaksana, yakni entitas grup Astra, PT ACST melalui JO CCEED ACSET (Join Operation China Construction Eighth Engineering Division). 

"Pelaksanaan pekerjaan proyek kami mengikuti syarat dan ketentuan yang sebagaimana diatur dalam kesepakatan Perjanjian antara SISP dan JO CCEED ACSET," ujar Kadek.

Adapun, molornya pembangunan Gedung Indonesia I berawal dari pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada 2020 yang dilayangkan oleh ACST kepada PT China Sonangol Media Investment (CSMI) yang merupakan perusahaan patungan antara China Sonangol Real Estate (CSRE) dengan PT Media Property Indonesia (MPI).

Selanjutnya, pada Maret 2021, Acset Indonusa menerima proposal damai yang diajukan oleh CSMI sebagai keputusan proses PKPU. Dengan demikian, CSMI sudah dapat melaksanakan restrukturisasi pembayaran utang yang dijadwalkan akan selesai pada 2021.

"Besaran tagihan utang yang belum terbayarkan, kebijakan perusahaan kami tidak dapat menyampaikan secara detail," ujar Kadek. 

Tak berhenti di sana, proyek Indonesia 1 yang bernilai Rp8 triliun itu kembali bermasalah ketika pada 15 Juli 2021 lalu, PT MPI melaporkan PT CSMI atas dugaan penipuan dan penggelapan investasi ke Polda Metro Jaya.

Namun, Kadek belum dapat menyampaikan progres terkini konstruksi Indonesia 1 yang berlokasi di MH Thamrin, Jakarta, maupun target penyelesaian ke depannya. 

"Target kami adalah bisa menyelesaikan proyek ini dengan baik dan tepat sesuai dengan term condition dalam perjanjian," jelasnya. 

Sebelumnya, CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib, menjelaskan bahwa semula komposi saham di PT CSMI adalah 99 persen adalah milik PT CSRE dan 1 persen PT MPI milik Media Group. Namun, ada komitmen dari pihak CSRE bahwa PT MPI akan mendapatkan saham senilai 30 persen.

“Hingga pada satu titik, ada peruabahan prinsipal yang mengakibatkan ketidaklancaran proses pembangunan proyek ini,” kata Mirdal dalam konferensi pers yang digelar, Senin (9/8/2021).

Usai perubahan prinsipal tersebut, banyak komitmen yang berubah. Salah satunya, terkait dengan komitmen saham 30 persen. Apalagi ada indikasi pihak CSMI telah mengalihkan saham tersebut ke pihak lain.

Kisruh kerja sama dalam proyek prestisius tersebut akhirnya berakhir karena pada Maret 2022 diketahui Media Group mengakusisi 100 persen kepemilikan saham atas proyek Indonesia 1 dari CSMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper