Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakil PM Inggris akan Bertemu Menko Luhut, Bahas Apa?

Wakil PM Inggris Oliver Dowden MP akan mengunjungi Indonesia dan bertemu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan serta Kepala BSSN Hinsa Siburian.
Bendera Inggris./Bloomberg
Bendera Inggris./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Perdana Menteri (PM) Inggris Oliver Dowden MP akan mengunjungi Indonesia pada 25-26 Juni 2023 untuk membahas mengenai kerjasama kedua negara. Dowden akan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Berdasarkan keterangan resmi Jumat (23/6/2023), Pertemuan Wakil PM Inggris dan Luhut Binsar Pandjaitan nantinya akan membahas mengenai potensi kerjasama kedua negara yakni ketahanan ekonomi, bahan-bahan mineral kritis dan kemajuan MoU kerjasama investasi Inggris-Indonesia yang ditandatangani pada 2022. 

Kemudian, untuk menindaklanjuti dialog keamanan Siber kedua negara pada Maret 2023, Dowden akan bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian.

Dowden juga akan menyoroti dukungan Inggris dana keketuaan Indonesia di Asean, dengan bertemu Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Michael Tene dan untuk membahas bagaimana Inggris akan memenuhi komitmen berdasarkan perjanjian Mitra Dialog Asean. 

Dalam keterangan resmi, Dowden mengatakan bahwa ada potensi besar untuk memperkuat hubungan Inggris-Indonesia sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yakni dalam isu seperti akses ke mineral penting, perdagangan bebas dan keamanan dunia maya.

Saya berharap dapat bertemu dengan para Menteri Indonesia di bidang-bidang ini dan menindaklanjuti Dialog Siber Inggris-Indonesia yang kami adakan pada Maret lalu di London, melalui kerja sama yang lebih dalam antara pakar keamanan siber kami dan BSSN” jelas Dowden.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matthew Downing mengatakan bahwa kunjungan wakil PM Inggris adalah untuk menegaskan kembali komitmen Inggris dalam memajukan kerjasama dengan Indonesia dan ASEAN. 

Menurut Downing, Indonesia memainkan peran penting dalam mendorong ambisi sebagai kawasan ekonomi yang bertumbuh pesat, inklusif dan berkelanjutan. Indo-Pasifik juga merupakan kawasan yang semakin penting. 

Duta Besar Inggris untuk Asean Sarah Tiffin mengatakan bahwa Inggris akan menyampaikan Rencana Aksi Asean-Inggris yang komprehensif, yang mencakup penerapan Asean sebagai sentral dan mempererat kerjasama, dalam mengatasi tantangan regional dan global. 

“Kunjungan Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden menunjukkan komitmen jangka panjang Inggris untuk ASEAN dan ambisi kami untuk berkontribusi pada perdamaian, kemakmuran dan pembangunan di kawasan” jelas Tiffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper