Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Kawasan Industri Halal, Maruf Amin Siap Lapor ke Jokowi

Wapres Maruf Amin siap melaporkan soal investasi kawasan industri halal ke Presiden Jokowi.
Wapres Ma'ruf Amin / Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin segera melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pemerintah dapat menghadirkan kebijakan yang merangsang para investor masuk ke kawasan industri halal (KIH).

Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi (Juru Bicara) Wapres Masduki Baidlowi menyampaikan bahwa, orang nomor dua di Indonesia ini menilai bahwa keberadaan KIH juga harus didukung dengan masuknya para investasi di kawasan tersebut.

"Wapres [Ma'ruf Amin] sebagai Wakil Ketua KNEKS sekaligus sebagai pelaksana harian akan melapor ke presiden supaya ada intensif yang khusus agar rangsangan terhadap para investor untuk menanam modalnya di kawasan industri halal atau hub halal internasional itu bisa berlomba-lomba ke sana," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (10/6/2023).

Masduki menekankan bahwa dalam proses pelaporannya nanti Wapres Ke-13 RI juga akan memanggil Kementerian Keuangan, sebab dinilainya keberadaan KIH harus didukung dengan adanya pengusaha-pengusaha yang berinvestasi.

Oleh sebab itu, Wapres asal Tangerang itu menilai dibutuhkan kebijakan dari pemerintah baik pusat maupun daerah yang mendorong para pengusaha berinvestasi di KIH.

"Tentu saja ini dibutuhkan semacam afirmasi dari pemerintah, pemda atau pusat yang terkait dengan kalau misalnya ada hal hub internasional seperti itu, kira kira kemudahan apa saja, perizinan, insentif dan seterusnya. Itu yang diharapkan oleh Wapres supaya baik gubernur atau pemerintah pusat supaya memberikan kemudahan-kemudahan itu," katanya.

Selain itu, Masduki melanjutkan bahwa Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini melihat bahwa minat pengusaha untuk berinvestasi di KIH masih rendah sehingga menurutnya diperlukan infrastruktur yang mendukung pengembangan kawasan indstri halal.

"Meskipun KIH telah tersedia, tetapi pengusahanya itu belum banyak. Jadi ibarat bus sudah ada sopirnya, tetapi butuh penumpang. Nah, penumpang ini yang dimaksud oleh wakil presiden adalah industri, kawasan industri halal seperti di Bintan itu," ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini terdapat tiga kawasan industri halal yang sudah ditetapkan Pemerintah yaitu Halal Modern Valley di Serang, Banten; Hal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur; dan Bintan Inti Halal Hub (BIHH) di Kepulauan Riau (Kepri).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper