Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Terakhir Long Weekend, Bandara Soetta Diprediksi Layani 186.745 Penumpang

Bandara Soetta diperkirakan melayani 186.745 penumpang pada hari terakhir libur panjang akhir pekan (long weekend) 4 Juni 2023.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) diperkirakan melayani 186.745 penumpang pada hari terakhir libur panjang akhir pekan (long weekend), 4 Juni 2023.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, mengatakan seluruh fasilitas layanan dan operasi di bandara telah dipastikan siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan tersebut.

"Berdasarkan informasi dari maskapai, pada arus balik hari ini diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 186.745 penumpang dengan sebanyak 1.265 penerbangan,” kata Dwi, Minggu (4/6/2023).

Dia memerinci, fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap melayani penumpang. Bukan itu saja, sebagai upaya untuk memastikan aspek pelayanan, Dwi menuturkan Bandara Soekarno-Hatta juga memastikan kebersihan seluruh fasilitas publik.

“Kecukupan personel dan prosedur dipastikan sesuai kebutuhan untuk memastikan kebersihan fasilitas publik," ujarnya.

President Director Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin, juga memastikan seluruh bandara kelolaannya siap menyambut arus balik libur panjang akhir pekan 1 - 4 Juni 2023.

Menurutnya, titik penting di dalam arus balik libur panjang ini adalah pada penanganan bagasi penumpang pesawat oleh pihak ground handling.

"Kami harapkan dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian diambil penumpang di area baggage claim di terminal," ujar Awaluddin.

Adapun, pada long weekend 1 - 4 Juni 2023, sebanyak 20 bandara AP II secara kumulatif diperkirakan melayani pergerakan penumpang mencapai 877.000 orang.

Sepanjang libur panjang akhir pekan ini, rute favorit di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Padang. Sementara itu untuk rute internasional adalah dari dan ke Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Doha dan Madinah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper