Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Janjikan Kemudahan Investasi di IKN bagi Pengusaha Singapura

Sebanyak 95 delegasi yang terdiri atas 69 perusahaan asal Singapura diketahui baru saja melakukan kunjungan ke IKN Nusantara.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjanjikan kemudahan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bagi para pengusaha Singapura yang berniat menanamkan modalnya.

Sebanyak 95 delegasi yang terdiri atas 69 perusahaan asal Singapura diketahui baru saja melakukan kunjungan ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur, dalam rangkaian kegiatan Singapore Business Visit to Nusantara Capital pada 30 Mei – 1 Juni 2023.

Terkait agenda itu, Deputi Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Yuliot mengungkapkan bahwa BKPM menjamin akan memberikan pelayanan terbaik bagi investor Singapura.

Layanan tersebut, antara lain, terkait dengan reformasi regulasi, percepatan proses perizinan, perumusan insentif, dan layanan end-to-end bagi para Investor Singapura.

Dia mengungkapkan bahwa Provinsi Kalimantan Timur saat ini menduduki peringkat ke-13 sebagai tujuan investasi dari investor Singapura. Provinsi ini juga tercatat menyumbang US$1,08 miliar atau 2 persen dari investasi Singapura selama 5 tahun terakhir.

“Proses yang signifikan dalam pembangunan infrastruktur dan regulasi yang jelas akan mendukung kemudahan berbisnis dan investasi di IKN,” ungkap Yuliot melalui keterangan resmi Kementerian Investasi, Kamis (1/6/2023).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap kunjungan investor Singapura ke IKN dapat menjadi awal baik untuk untuk memulai kerja sama yang saling menguntungkan.

Menurutnya, kawasan IKN dengan luas lebih dari 50.000 hektar dan memiliki 9 area tersebut, sangat terbuka lebar bagi para investor yang ingin bekerja sama memajukan Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan saat ini proses pembangunan di IKN sudah mencapai 29,45 persen. Dia pun menegaskan progres pembangunan tersebut tidak hanya fokus pada estetika semata

“Kita tidak hanya membangun desain berdasarkan unsur keindahan saja, tapi berdasarkan perhitungan teknik yang benar dan tidak mengesampingkan estetika. Selain bangunan, fokus kami saat ini adalah pembangunan tol untuk mempermudah akses ke IKN,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper