Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Sabet Kontrak Proyek Sanitasi Jakarta Senilai Rp620 Miliar

Proyek sanitasi ini bakal digarap Hutama Karya bekerja sama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk melalui KSO Adhi-Hutama.
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA- PT Hutama Karya (Persero) memperoleh kontrak baru pekerjaan konstruksi jaringan pipa air limbah Jakarta Sewerage Development Project Zona 1 Paket 6 (Area 2-2) di Provinsi DKI Jakarta senilai Rp620,77 miliar. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pembangunan jaringan pipa air limbah ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sanitasi yang layak dan berkelanjutan bagi masyarakat di daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. 

"Melalui pelayanan sistem sanitasi terpusat [off site sanitation] dan sistem sanitasi setempat [on-site sanitation], pekerjaan konstruksi jaringan pipa air limbah ini akan mengakomodir wilayah yang tidak terjangkau dan belum tersedianya pengelolaan air limbah yang baik bagi masyarakat sekitar, di daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat," kata Tjahjo, Jumat (12/5/2023). 

Adapun, manfaat jangka panjang dengan kehadiran jaringan pipa air limbah di Provinsi DKI Jakarta ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh air limbah rumah tangga yang selama ini dibuang langsung ke lingkungan seperti ke sungai, sehingga bisa meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dan juga sehat.

Untuk pengerjaan proyek ini, Hutama Karya bekerja sama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk melalui KSO Adhi-Hutama, dengan porsi Hutama Karya 49 persen dan Adhi Karya 51 persen.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan bahwa dalam proyek ini, Hutama Karya bertanggung jawab pada pekerjaan pemasangan pipa, konstruksi vertical shaft (dimana shaft adalah lubang menerus antara satu lantai dengan lantai lainnya untuk meletakan saluran pipa utilitas secara vertikal). 

Selan itu, HK juga akan mengerjakan konstruksi manhole pracetak, pekerjaan repavement (pengaspalan kembali jalan yang terkena dampak) dan pekerjaan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMKK), dengan target rampung pada akhir tahun2026.

"Dalam konstruksinya, akan diterapkan sejumlah metode kerja yang efektif seperti penggunaan metode jacking pipe yang memungkinkan pemasangan pipa tanpa harus membuka trench sehingga meminimalisir kerusakan pada lingkungan dan infrastruktur yang ada. Metode ini juga meminimalisir gangguan bagi masyarakat sekitar dan bisnis yang beroperasi di sekitar lokasi proyek karena tidak memerlukan trench,” ujarnya. 

Tjahjo menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu dengan zero accident. Hasil dari pekerjaan juga dapat bermanfaat secara maksimal untuk masyarakat dengan harapan kedepannya Hutama Karya dapat mendapatkan proyek sejenis baik di DKI Jakarta maupun wilayah Indonesia lainnya.

"Dengan luas instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) seluas 3,9 Ha dan kapasitas IPAL 240.000 m3/hari ini akan dapat mengakomodir pembuangan air limbah bagi 989,389 jiwa disana," tandasnya. 

Penandatanganan kontrak telah dilaksanakan pada Rabu (12/4) lalu di Balaikota Provinsi DKI Jakarta, oleh Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum Hutama Karya sekaligus Kuasa Adhi-Hutama dan John Arifin General Infrastruktur I Adhi Karya bersama pihak owner Nelson, Kepala Bidang Pengelolaan Air Limbah selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper