Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Jusuf Hamka (CMNP) Ungkap Suka Duka Bangun Tol Cisumdawu

Emiten jalan tol milik Jusuf Hamka, CMNP mengungkap suka duka pembangunan jalan Tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi Juni 2023
Foto udara ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman
Foto udara ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Marga Nusantara Persada Tbk. (CMNP) mengungkap suka duka pembangunan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan akan beroperasi sepenuhnya pada Juni 2023 mendatang.

Sebagai informasi, pada Desember 2022, Jalan Tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah operasional. Sedangkan, seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan sepanjang 28,2 km baru rampung pada akhir Mei 2023. 

Komisaris CMNP, Dionisius Widijanto, mengatakan pihaknya bersyukur karena dalam waktu dekat proyek Tol Cisumdawu dapat beroperasi sepenuhnya dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

"Sesuatu yang normal jika memulai itu selalu dihantui dengan situasi yang kekhawatiran hal-hal yang belum terjadi semuanya masuk didalam benak kita," kata Dionisius dalam agenda Sewindu PSN di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Dia menceritakan kekhawatirannya ketika mengawali pembangunan proyek yang termasuk dalam PSN. Meski CMNP telah mengawali portofolio jalan tol sejak 1990, tapi kala itu program PSN belum digencarkan.

Kekhawatiran datang dari percepatan yang menjadi prinsip pemerintah pembangunan proyek tersebut. Sebab, realisasi pembangunan infrastruktur pada tahun 90-an tak begitu cepat jika dibandingkan dengan kondisi saat ini. 

"Saya rasa berkat guru kami, Pak Dirjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR [Herry Trisaputra Zuna] beliau yang memotori jalan tol untuk lebih berani, juga ada beberapa pelaku usaha jalan tol di BPJT," ujarnya.

Adapun, sejumlah tantangan yang dihadapi CMNP dalam hal pembangunan jalan Tol Cisumdawu yaitu terkait dengan pengadaan tanah hingga pembiayaan. Namun, berkat koordinasi antar stakeholder pihaknya dapat menyelesaikan PSN itu tahun ini. 

"Kami sebagai salah satu pelaku usaha jalan tol apalagi kalau swasta fighting-nya kan mesti lebih gigih, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait apakah ini merupakan kompetitor dalam hal bisnis, tidak,tapi semuanya kembali kepada peran dalam hal memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," terangnya.

Sebagai informasi, saat ini CMNP memegang 4 PSN jalan tol yakni Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) sepanjang 10,55 meter yang telah rampung pada 2019 lalu. Kemudian, Jalan Tol Antasari—Salabenda [Desari] sepanjang 28 km, namun baru dioperasikan 12 km.

"Jadi melanjutkan 16 km ini tentu juga sebagaimana dukungan dari pemerintah bahwa PSN terus berkelanjutan ya kita harapkan segera memberikan manfaat," tandasnya.

Lebih lanjut, Jalan Tol Cisumdawu yang akan rampung dan bermanfaat sepanjang 61 km. Selanjutnya, entitas CMNP yakni PT Sarana Marga Jabar yang mengelola jalan Tol Lingkar Bogor (Bogor Ring Road) yang akan menyambungkan akses dari kawasan Timur ke Barat dan ditargetkan selesai tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper