Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI: 44.000 Penumpang Kembali ke Jakarta Hari Ini

PT KAI mencatat sebanyak 44.000 penumpang telah kembali ke Jakarta pada hari ini.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang tiba di sejumlah stasiun area Daop 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mencapai lebih dari 44.000 orang.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, peningkatan volume penumpang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak 24 April 2023 dengan rata-rata volume sekitar 40.000 hingga 43.000. Namun hingga Senin (1/5/2023) pagi, jumlah ini mengalami peningkatan kembali ke angka 44.000, atau tertinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak 24 April 2023.

“Diprediksi hingga KA terakhir nanti angka tersebut masih memungkinkan terus meningkat melebihi 44.000,” kata Eva dalam keterangan resminya, Senin (1/5/2023).

Eva merinci, dari total 44.000 penumpang turun tersebut, 17.000 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen,  15.500 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.400 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.300 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. 

Eva mengatakan, mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Dia melanjutkan, jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 2 Mei 2023 dengan rata-rata penumpang mencapai angka sekitar 43.000 per hari. 

KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. Seiring dengan hal tersebut, penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan diimbau tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun. 

Selain itu, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun. 

Dari sisi keamanan dan keselamatan, PT KAI Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. 

Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau untuk memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper