Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT Asean di Labuan Bajo, Progres Infrastruktur Penunjang Capai 73 Persen

Infrastruktur penunjang KTT Asean ke-42 dapat rampung sebelum digelarnya acara tersebut pada 9 - 11 Mei 2023 di Labuan Bajo dan Tana Mori, NTT.
Logo Indonesia yang memegang Keketuaan Asean 2023. Twitter: ASEAN.
Logo Indonesia yang memegang Keketuaan Asean 2023. Twitter: ASEAN.

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penyelesaian pekerjaan infrastruktur penunjang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-42 dapat rampung sebelum digelarnya acara tersebut pada 9 - 11 Mei 2023 di Labuan Bajo dan Tana Mori, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan progres pekerjaan peningkatan fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo saat ini sebesar 73 persen. Sedangkan, progres pekerjaan di KEK Tana Mori saat ini mencapai sebesar 94 persen. 

“Target penyelesaian semua pekerjaan pada awal Mei 2023, sebelum penyelenggaraan KTT Asean berlangsung,” kata Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (27/4/2023). 

Adapun, lingkup pekerjaan yang sedang dilakukan di kawasan Labuan Bajo meliputi pembangunan Mako Polres Manggarai Barat, penataan Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4, peningkatan kualitas lanskap koridor jalan Labuan Bajo. 

Kemudian, penataan lahan parkir VVIP kantor Bupati Manggarai Barat, penataan jalan dan trotoar Sp. Binongko – Sp.Sylvia (Jl. Waecicu), dan penataan median Jalan Yohanes Sehadun (depan Bandara Komodo). 

Sementara itu, pekerjaan yang dilakukan di KEK Tana Mori yakni pembangunan Roundabout Beach Club, Shelter Dermaga, pemasangan geomat pada koridor jalan Kawasan Tana Mori, penataan bundaran pintu masuk Kawasan ITDC, dan perkuatan lereng dan stabilisasi tanaman pada ruas jalan Labuan Bajo – Tana Mori yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada 14 Maret 2023 lalu. 

Tak hanya itu, Basuki menyampaikan, pihaknya juga telah membangun Embung Anak Munting di antara Labuan Bajo menuju Tana Mori di Desa Warloka, Kecamatan Komodo.

Embung Anak Munting memiliki kapasitas tampung 159.000 meter kubik dan luas genangan 4,5 hektare dengan fungsi utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka KTT Asean.

Basuki melakukan tinjauan langsung  pada Rabu (26/4/2023) kemarin ke beberapa lokasi pekerjaan seperti Jalan Yohanes Sehadun (depan Bandara Komodo), parkir VVIP di Kantor Bupati Manggarai Barat, Puncak Waringin, jalan dan pedestrian Sp. Silvia – Sp. Binongko, Mako Polres Manggarai Barat, promenade di kawasan Marina, hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori yang menjadi salah satu venue  KTT ASEAN 2023.

“Saya minta agar terus dijaga dan ditingkatkan kualitas infrastrukturnya sesuai standar penyelenggaraan acara internasional. Jangan main-main, kualitas pekerjaan harus jadi prioritas nomor satu. Terutama pada infrastruktur jalan, segara tingkatkan kualitas aspalnya,” ujarnya. 

Selain itu, dia juga menegaskan agar semua pekerjaan dilakukan dengan rapi dan bersih, memperhatikan estetika dan penghijauan di setiap area venue dan koridor jalan akses KTT Asean. Hal ini agar lingkungan menjadi lebih asri dan tidak gersang.

"Setelah pekerjaan konstruksi selesai harus diiringi dengan pembersihan material sisa dan penyemprotan dengan air agar area konstruksi tetap rapi dan bersih. Setiap area, termasuk media jalan dan jalur pedestrian, juga harus ditanami berbagi macam tanaman seperti pohon flamboyan, sakura NTT, kelapa, dan sebagainya," terangnya.  

Sebagai informasi, peningkatan fasilitas penunjang di Labuan  Bajo - Tana Mori dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT Direktorat Jenderal Bina Marga. 

Peningkatan fasilitas melalui penataan kawasan dan koridor jalan ini bertujuan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama penyelenggaraan KTT Asean berlangsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper