Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Pemudik, Simak Pesan Menko Agar Tak Terjebak Macet Arus Balik

Puncak arus balik tahun ini diprediksi terjadi pada 24 April dan 25 April 2023.
Kendaraan arus balik Lebaran merayap diruas tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (8/5)/JIBI/Bisnis-Dedi Gunawan
Kendaraan arus balik Lebaran merayap diruas tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (8/5)/JIBI/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan sejumlah instruksi baik kepada pemudik maupun pemangku kepentingan terkait arus balik Idulfitri 2023.

Instruksi tersebut ditetapkan untuk mengantisipasi prediksi sebanyak 203.000 kendaraan kembali ke arah Jakarta.

"Perlu dilakukan sosialisasi yang masif agar masyarakat terutama yang tidak terburu-buru atau urusannya tidak mendesak agar bisa menunda jadwal kembali. Pasalnya puncak arus balik diprediksi terjadi pada 24 April dan 25 April 2023. Masyarakat dianjurkan baru kembali antara 26 April hingga 30 April 2023,” ujarnya, Minggu (23/4/2023).

Salah satunya adalah dengan memberi diskon untuk semua moda transportasi.

"Baik itu di tol, jalur darat, laut, dan udara. Saya apresiasi inisiatif Jasa Marga dan seluruh operator yang memberi diskon," imbuhnya.

Sejumlah instruksi lainnya yang juga disampaikan olehnya adalah memastikan persiapan antisipasi di Pelabuhan Bakauheni. Dia menjelaskan telah disepakati bahwa tempat turun motor akan berada di Pelabuhan Ciwandan, sedangkan tempat turun mobil berada di Pelabuhan Indah Kiat.

Muhadjir juga mengharapkan bagi operator yang telah membuat program mudik gratis juga agar menyediakan program balik gratis. Dengan demikian hal tersebut bisa mengurangi beban penanganan arus balik ke Jakarta.

Selain itu, Muhadjir meminta agar manajemen rest area dipersiapkan dengan baik. Caranya dengan menambah personel dan satuan tugas dalam membantu mengarahkan kendaraan agar tidak macet. Hal tersebut juga termasuk memastikan kebersihan toilet, keamanan, dan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Tambahan personel untuk berpatroli juga harus disiapkan untuk mengimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan. Khusus untuk ruas arteri, dia meminta dukungan pemerintah daerah agar menertibkan parkir, pasar tumpah, dan pengawalan berantai.

Instruksi terakhir yang ditekankannya adalah meminta sarana dan prasarana memadai seperti mobil derek dan ambulans di titik yang rawat masalah. Kemudian menebalkan pengamanan di jalur darat, laut, udara, dan kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper