Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang KRL Tujuan Rangkasbitung Melonjak Jelang Lebaran 2023

pada hari pertama cuti bersama Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023), sebanyak 19.266 penumpang KRL turun di Stasiun Rangkasbitung.
Stasiun Rangkasbitung di Lebak, Banten/Lebakkab.go.id
Stasiun Rangkasbitung di Lebak, Banten/Lebakkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter mencatat volume pengguna KRL commuterline Jabodetabek selama masa Angkutan Lebaran (14 April sampai 19 April 2023) mencapai 4.355.175 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan pada hari pertama cuti bersama kemarin Rabu, (19/4) yang bertepatan dengan H-3 Lebaran 2023, volume pengguna KRL sebanyak 578.785 orang. Dari pantauan di stasiun-stasiun integrasi dengan perjalanan KA Lokal, terpantau terjadi kenaikan volume pengguna.

Anne menyebut pada hari pertama cuti bersama, sebanyak 19.266 penumpang KRL turun di Stasiun Rangkasbitung. Angka tersebut naik sebesar 31 persen jika dibanding hari Selasa, (18/4/2023) yaitu sebanyak 14.700 orang. 

Kenaikan ini juga berbanding lurus dengan kenaikan volume pengguna KA Lokal di Stasiun Rangkasbitung. Tercatat sebanyak 4.826 orang yang naik KA Lokal Merak dari stasiun tersebut atau naik 22 persen jika dibanding dengan sehari sebelumnya yaitu sebanyak 3.969 orang.

Untuk volume pengguna KA Lokal Merak, KAI Commuter mencatat volume pengguna sepanjang masa Angkutan Lebaran tahun ini total sebanyak 49.928 orang, sedangkan kemarin Rabu (19/4/2023), tercatat volume sebanyak 8.807 orang. Dari angka tersebut naik sebesar 9 persen jika dibanding volume pengguna pada satu hari sebelumnya yaitu sebanyak 8.107 orang.

KAI Commuter telah mengantisipasi kenaikan volume pengguna tersebut dengan manambah fasilitas pelayanan di Stasiun Rangkasbitung, seperti penambahan tenda di hall barat maupun hall timur stasiun untuk tempat tunggu pengguna dan menambahkan 7 unit toilet portable, kursi-kursi tunggu pengguna. KAI Commuter juga menambahkan 5 petugas loket tambahan, 6 petugas pengamanan tambahan dan 4 petugas kebersihan tambahan. 

"Kami ingatkan kembali, bahwa perjalanan KA Lokal Merak mulai tanggal 15 April sampai dengan 30 April hanya sampai dengan Stasiun Cilegon. Jumlah operasional kereta sebanyak 14 perjalanan dengan jam operasi dari pukul 05:02 WIB sampai dengan 21:46 WIB dari Stasiun Rangkasbitung menuju Staisun Cilegon dan sebaliknya," jkata Anne dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Dapat disampaikan juga untuk tangga manual di peron 6/7 dan 8/9 Stasiun Manggarai telah difungsikan untuk menambah akses naik dan turun pengguna sehingga dapat mengurai kepadatan di Stasiun tersebut.

Sementara itu, pada hari pertama cuti bersama (19/4/2023), volume pengguna KA Bandara Soetta juga mengalami kenaikan sebesar 22% jika dibanding rata-rata pengguna sepanjang masa Angkutan Lebaran tahun ini atau sebanyak 6.642 orang. 

Dalam menghadapi masa angkutan lebaran ini, KAI Commuter mengoperasikan 40 perjalanan KA Bandara Soetta setiap harinya untuk menuju dan dari Stasiun Manggarai/BNI City ke Stasiun Bandara Soetta.

Untuk jam operasional pelayanan perjalanan KA Bandara ini mulai pukul 05:07 WIB sampai dengan 20.49 WIB. Untuk menarik minat pengguna KA Bandara Soetta, saat ini KAI Commuter memberikan promo tarif Rp 50.000. untuk Kereta Bandara kelas eksekutif. Untuk memudahkan pembelian dan pemesanan tiket KA Bandara Seotta, bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau Aplikasi KA Bandara.

Selama perjalanan, baik dengan KA Lokal atau commuterline maupun KA Bandara, KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menerapkan protokol kesehatan dengan benar, menjaga dan mengawasi buah hati, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan dan ikuti arahan petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper