Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Penjualan Rumah di London Rendah, Ada Potensi Semakin memburuk

Pembelian rumah di London berada di level yang rendah, menunjukan bahwa pasar perumahan mengalami krisis yang cukup buruk. 
Properti residensial di London, Inggris, foto file Januari 2018./Reuters
Properti residensial di London, Inggris, foto file Januari 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat penjualan dan pembangunan rumah baru di London turun ke level terendah dalam sekitar satu dekade terakhir. Hal ini menandakan bahwa pasar perumahan di kota tersebut dalam kondisi krisis.  

Berdasarkan dari pemberitaan Bloomberg (19/4/2023) tingkat penjualan rumah cukup rendah dikarenakan para pembeli kekurangan modal. 

Menurut data yang dikumpulkan oleh Milior London, pada Kuartal I/2023, penjualan rumah baru merosot sebesar 39 persen (year-on-year/yoy) menjadi 3.768 unit. 

Data tersebut menunjukan kinerja yang lebih buruk dibandingkan saat pandemi Covid-19, dan merupakan angka terendah sejak 2012.  

Kemerosotan juga tercermin dari aktivitas pembangunan di Ibu Kota Inggris tersebut.

Diketahui bahwa tiga bulan pertama pada  2023, jumlah rumah baru yang terselesaikan sendiri lebih rendah dari tahun 2014, yakni turun menjadi 3.076 unit. 

Kemudian diketahui juga bahwa program pemerintah Help to Buy yang bertujuan untuk membantu orang membeli rumah untuk pertama kalinya, ditutup pada tahun lalu. 

Di lain sisi, pembeli baru juga harus menghadapi efek dari suku bunga yang lebih tinggi dan krisis biaya hidup. Contohnya pada Kuartal I/2023, pembayaran hipotek di London mencapai 61,1 persen dari penghasilan bersih rata-rata pembeli pertama, level tertinggi sejak tahun 2007.

"Pembangun perumahan utama sekarang secara terbuka mengiklankan insentif untuk mendapatkan momentum penjualan kembali," kata penulis laporan, termasuk kontribusi untuk hipotek dan tagihan utilitas, mengutip dari Bloomberg (19/4/2023). 

Akan tetapi, aktivitas pembangunan yang lambat menunjukkan bahwa tekanan perumahan London kemungkinan tidak akan membaik dalam waktu dekat. Permintaan rumah baru juga diperkirakan akan menyusut.

Menurut Molior, jika jumlah aplikasi perencanaan terus berjalan dengan kecepatan saat ini, 2023 akan menjadi yang terendah setidaknya sejak 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper